Polri Tetapkan Jozeph Paul Zhang Sebagai Tersangka - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Polri Tetapkan Jozeph Paul Zhang Sebagai Tersangka
Kanal Straight

Polri Tetapkan Jozeph Paul Zhang Sebagai Tersangka

SATUKANAL.com, NASIONAL– Kepolisian RI telah menetapkan Jozeph Paul Zhang sebagai tersangka atas dugaan penodaan atau penistaan agama.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan Jozeph sudah menjadi tersangka ketika Polri memasukkannya ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Iya sudah jadi tersangka ketika dimasukkan sebagai DPO. Untuk penetapannya kemarin, 19 April 2021,” ujarnya.

Atas perbuatannya, Jozeph Paul Zhang disangkakan dengan Pasal 28 Ayat (2) UU ITE dan Pasal 1561 KUHP. “Unsur pasal yang bisa dikenakan pertama ujaran kebencian dalam UU ITE dan juga penodaan agama yang ada di KUHP,” ucap Rusdi.

Baca Juga :  Seleksi Administrasi CPNS 2021 Segera Diumumkan, Simak Cara Pengecekannya

Diketahui, nama Jozeph Paul Zhang ramai dibicarakan usai mengaku sebagai nabi ke-26. Ia menyampaikannya dalam forum diskusi via zoom yang juga ditayangkan di saluran Youtube miliknya. Jozeph juga menantang siapa saja yang berani melaporkan dirinya ke kepolisian.

Sebelumnya, polisi menelusuri keberadaan Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono. Informasi yang didapatkan bahwa pria tersebut berada di Jerman. “Sampai sejauh ini penelusuran dan Polri yang bersangkutan ada di negara Jerman,” tutur Rusdi.

Maka dari itu, imbuh Rudi, Polri berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Jerman dan pihak kepolisian setempat untuk memastikan keberadaan Jozeph. “Tentunya, atase kepolisian sedang melaksanakan tugas melakukan hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan kasus ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Mayoritas Mata Uang Kripto Kompak Menghijau

Meski demikian, Direktorat Jenderal Imgrasi Kementerian Hukum dan HAM menyatakan Jozeph sudah keluar dari Indonesia sejak 2018 dan tercatat keluar Indonesia menuju Hongkong.

Terkait hal itu, pihak kepoisian terus melakukan langkah koordinasi lain yang juga dilakukan dengan Kementerian Luar Negeri, Direktorat Jenderal Imigrasi dan Interpol. Kerjasama juga akan dilakukan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk penanganan akun Youtube Jozeph.

“Tentunya koordinasi dengan Kominfo dan sebagainya, baru kita bisa lakukan itu semua (nonaktifkan akun), karena Polri tidak ada kewenangan” terang Rusdi.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait