Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR
ilustrasi suap/foto: unplash.com
BERITA Kanal Highlight

Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR

Satukanal.com, KediriKasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) pungutan liar (pungli) yang dilakukan Bupati Kediri terhadap seorang camat di Kabupaten Kediri menggugah pihak kepolisian. Polres Kediri menyatakan siap mengusut kasus pungli THR yang dilakukan.

Sejauh ini, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono telah berkomunikasi dengan Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana. Dari hasil koordinasi, AKBP Lukman menerima informasi jika kasus OTT telah ditangani inspektorat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono

AKBP Lukman menghargai penanganan kasus pungli ASN yang sudah berjalan di Inspektorat. “Karena hanya inspektorat yang berwenang membina dan memberikan sanksi terhadap Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Pemkab Kediri,” ungkap AKBP Lukman saat dikonfirmasi satukanal.com, Minggu 16 Mei 2021.

Baca Juga :  PPKM Kabupaten Kediri Turun ke Level 3, PTM Siap Digelar

AKBP Lukman mengatakan, sejauh ini belum ada laporan aduan terkait pungli. Kendati demikian, Polres siap menindaklanjuti, jika kasus pelanggaran pungli ini dilimpahkan ke Polres Kediri. Namun, menurut dia, harus ada pelaporan pelanggaran pungli. “Dan tentunya, kami akan lakukan penyelidikan apakah masuk ke ranah pidana. Ataupun pelanggaran kode etik profesi, yang sudah diatur oleh pemerintahan,” ujar AKBP Lukman.

Sebelumnya, Camat Purwoasri berinisial M tertangkap tangan oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pungli di lingkungan kerjanya. M terbukti melakukan penarikan uang terhadap seluruh Kepala Desa di Kecamatan Purwoasri dengan kedok iuran Tunjangan Hari Raya (THR). Kasus ini terungkap oleh bupati muda yang akrab disapa Mas Dhito pada 5 Mei 2021 pagi.  Bahkan, Mas Dhito menemukan uang iuran dari sejumlah Desa di Purwoasri yang terkumpul uang sebesar Rp15 juta.

Baca Juga :  Persik Vs PSM Makasar, Ajang Reuni Pelatih

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait