Polemik Gunung Ijen, Gubernur Jatim: Kita Serahkan ke Kemendagri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Polemik Gunung Ijen, Gubernur Jatim: Kita Serahkan ke Kemendagri
Kawah Ijen Banyuwangi (Foto: mario-la-pergola Unsplash/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Polemik Gunung Ijen, Gubernur Jatim: Kita Serahkan ke Kemendagri

Satukanal.com, Banyuwangi – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memilih irit bicara terkait polemik batas wilayah Gunung Ijen antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Dihubungi melalui pesan aplikasi WhatsApp, Khofifah mengaku tidak mengetahui akan ditolak atau tidaknya surat permintaan pencabutan kesepakatan terkait batasan wilayah Gunung yang sebelumnya telah disepakati dua pimpinan daerah yakni Banyuwangi dan Bondowoso.

“Hal tersebut prosesnya panjang, kita serahkan ke Kemendagri sesuai isi surat, di sana sudah ada pendampingan direktur perbatasan wilayah Kemendagri juga,” Singkatnya

Kritik akan polemik batas wilayah Gunung Ijen juga muncul dari Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Kesatuan dan Persatuan (DPK PKP) Banyuwangi, Alex Budi Setiawan, menurutnya yang sudah ditanda tangani Bupati Banyuwangi dan Bondowoso serta disaksikan pihak lainnya sah dan berkekuatan hukum. Jika pemda ingin mencabutnya, tidak semudah membalikan telapak tangan,

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Masih Sepi Pembeli

“Selain sisi hukum tersebut ada sisi psikologis kepemimpinan yang tidak akan mudah memutuskan hal besar tanpa koordinasi dengan staf stafnya dahulu. Artinya ada mekanisme yang harus dilalui untuk mencabutnya. Butuh waktu panjang dan kemungkinan sulit untuk dirubah,” katanya. (1/7/2021).

Selain itu Alex juga mengatakan, patut di ragukan kemandirian dalam kepemimpinan Bupati Banyuwangi.

“jika pemimpin tidak konsisten atau plin-plan dalam mengambil kebijakan dan keputusan maka kita juga meragukan cara kemandirian dalam memimpin,” Imbuhnya.

Baca Juga :  Polemik Penguasaan Kawah Ijen, Bupati Banyuwangi Menuai Kritik

Sementara itu, terkait hal ini Sekertaris Daerah Mujiono saat dihubungi satukanal.com tidak merespon apapun.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah melayangkan surat pencabutan tanda tangan kesepakatan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas polemik pengelolaan Kawasan Gunung Ijen.

 

Pewarta: Abdul Konik 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait