Polda Jatim Tingkatkan Pengamanan Gereja Pasca Bom Bunuh Diri Makassar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Polda Jatim Tingkatkan Pengamanan Gereja Pasca Bom Bunuh Diri Makassar
Foto: Humas Polda Jatim
Kanal Straight

Polda Jatim Tingkatkan Pengamanan Gereja Pasca Bom Bunuh Diri Makassar

SATUKANAL.com, NASIONAL– Pasca tragedi bom bunuh diri di pintu masuk Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) meningkatkan pengamanan di sejumlah objek vital terutama di gereja, institusi Polri, dan lokasi lainnya yang dianggap rawan di Jatim.

Selain pengamanan markas komando Polri di daerah, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan bahwa pengamanan juga akan dilakukan di seluruh gereja di Jawa Timur. “Polda Jatim meningkatkan keamanan terkait protap (prosedur tetap) khususnya pengamanan mako (markas komando) Polsek, Polres, dan Polda,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pengamanan juga akan dilakukan dengan para stakeholder misalnya tokoh agama dan masyarakat. Tujuannya tak lain yakni untuk menjaga situasi dan kondisi di Jawa Timur tetap dalam keadaan kondusif.

Baca Juga :  EHang 216, Taksi Terbang Pertama Indonesia yang Masih Tunggu Izin Operasi

Gatot melanjutkan, Kapolda Jatim juga telah menginstruksikan untuk memperketat penjagaan seluruh instansi Polri yang ada di Jawa Timur. Ia juga mengingatkan jajarannya untuk tetap waspada. “Iya lebih ketat lagi, makanya itu yang diutamakan Malang Surabaya. Tapi tempat lain juga sama,” ujar Gatot.

Disebutkan oleh Gatot bahwa setiap gereja mungkin ada 10 anggota (yang berjaga) baaik anggota terbuka maupun tertutup. Monitoring terhadap daeraah-daerah yang rawan seperti Surabaya dan Malang juga terus dilakukan.

Senada dengan hal itu, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dilansir dari situs resmi humas Polda Jatim menyampaikan, akan ada operasi rutin yang diintuksikan untuk masing-masing wilayah. “Tentunya akan ada operasi rutin yang kita tingkatkan, yang nanti dari Asops Kapolri nanti akan memberikan petunjuk ke wilayah ya. Terutama yang berkaitan dengan kematian Tuhan dan kemudian juga ada Paskah ini. Dari pihak kepolisian itu sedang melakukan pengamanan patroli terutama patroli dan pengamanan kepada gereja yang lain,” ujarnya.

Baca Juga :  5 Filter Hits di Instagram Agar Story Kamu Makin Estetik

Untuk diketahui, Hari ini umat Katolik memasuki masa Pekan Suci Paskah. Rangkaian ibadah Pekan Suci Paskah ini dimulai dengan Minggu Palma yang diperingati hari ini. Kemudian, dilanjutkan dengan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah pada 4 April mendatang.

Irjen Argo menghimbau agar ibadah tersebut dapat dilaksanakan secara virtual. Tak lupa, ia juga mengajak masyarakat agar ikut serta membantu menjaga keamanan serta memelihara kamtibmas.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait