PMI Pulang Kampung Kampung, Pemkab Kediri Siapkan Karantina Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PMI Pulang Kampung Kampung, Pemkab Kediri Siapkan Karantina Covid-19
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

PMI Pulang Kampung Kampung, Pemkab Kediri Siapkan Karantina Covid-19

Satukanal.com, Kediri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri siap menampung kepulangan puluhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada masa pandemi Covid-19 dengan menyiapkan dua lokasi karantina di Wisma Atlet dan SD Pelem Pare milik Pemkab Kediri.

Kepala Bidang (Kabid) Transmigrasi dan Penempatan Kerja, mengatakan kepulangan PMI disebabkan oleh habisnya masa kontrak bekerja di beberapa negara  yang menjadi tujuan PMI yakni Brunei Darussalam, Malaysia, Hongkong, dan Singapura.

“Terjadi pengulangan, walaupun jumlahnya tidak terlalu besar. Sampai hari ini, mulai tanggal 24 April 2021, sampai dengan hari ini Senin (3/4), jumlah pemulangan PMI sebanyak 98 orang,” kata Jumadi, kepada satukanal.com, saat ditemui ruang kerjanya Disnaker Kabupaten Kediri, Senin 3 Mei 2021.

Baca Juga :  Larangan Mudik 2021, Perjalanan Mendesak Berlaku SIKM

Dia juga menegaskan prosedur pemulangan para PMI melalui proses karantina yang ketat. Mulai saat tiba di Bandara Juanda Surabaya, PMI melakukan Tes Swab PCR serta karantina di lokasi Asrama Haji, selama 2 hari.

Lebih lanjut, apabila selama menjalani karantina 2 hari dinyatakan Negatif Covid-19. Maka PMI akan dijemput oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Kabupaten Kediri, untuk dibawa ke lokasi karantina Covid-19 kedua, milik Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Lalu mereka (PMI) dibawa ke rumah sakit Nuraini dan SD Pelem yang ada di Pare, untuk dilakukan Test Swab lagi. Setelah itu dilakukan karantina selama 3 hari, apabila dinyatakan negatif bisa langsung diperbolehkan untuk pulang,” terangnya.

Baca Juga :  Daerah Siapkan Karantina Pekerja Migran Yang Kembali ke Indonesia

Diperkirakan kepulangan para PMI akan berangsur sampai tanggal 5 Mei 2021 mendatang. Sebab seluruh penerbangan internasional akan dilakukan penutupan mulai tangal 6 Mei, hingga 17 Mei 2021.

“Perkiraan jumlah PMI di wilayah kabupaten Kediri, tidak sebesar daerah lainnya. Rata-rata per hari, pemulangan PMI sebayak 8, hingga 15 orang,” tutupnya.

 

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait