Ingin Pasang Panel Surya di Rumah, Pahami Plus Minusnya Sebelum Memasang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingin Pasang Panel Surya di Rumah, Pahami Plus Minusnya Sebelum Memasang
Ilustrasi dua orang sedang memasang panel surya (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

Ingin Pasang Panel Surya di Rumah, Pahami Plus Minusnya Sebelum Memasang

Satukanal.com, Nasional – Menggunakan panel surya sebagai salah satu alternatif atau sumber utama energi kian menjadi tren di rumah, terutama pada bangunan perumahan. Terlebih, kini kampanye hemat energi menjadi isu yang semakin sering dibicarakan akhir-akhir ini.

Meskipun telah banyak dikritik karena mahal atau tidak efisien, energi surya kini terbukti sangat bermanfaat, tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk ekonomi swasta. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan panel surya dibandingkan dengan energi listrik konvensional sebagai sumber energi di rumah? Simak selengkapnya.

Kelebihan menggunakan panel surya

Panel surya punya sedert kelebihan yang menguntungkan bagi penggunanya, jika dibandingkan dengan eneri listrik konvensional. apa saja kira-kira kelebihan dari penggunaan panel surya? Berikut ulasannya:

1.  Menghemat pengeluaran tagihan listrik

Perlu diketahui, salah satu kelebihan utama menggunakan panel surya sebagai sumber energi adalah dapat menghemat biaya tagihan listrik. Ketika menggunakan panel surya, pengguna tidak perlu pusing tentang biaya listrik yang kian membengkak setiap akhir bulannya.

Dikarenakan, panel surya akan dapat menghasilkan energi sendiri di rumah yaitu dengan memanfaatkan cahaya alami dari panas matahari yang kemudian dapat Anda konversi menjadi energi.

2. Biaya pemeliharaan rendah

Ketika telah memasang panel surya, selanjutnya untuk biaya pemeliharaannya sangtlah rendah. Dikarenakan hampir tidak ada perawatan karena panel surya bertahan lebih dari 30 tahun.

Baca Juga :  Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah

Pengguna hanya perlu menjaganya tetap bersih, jadi membersihkannya beberapa kali dalam setahun sudah cukup dan mengganti inverter atau kabel jika dibutuhkan.

3. Ramah lingkungan 

Energi matahari merupakan alternatif bahan bakar fosil karena merupakan sumber energi yang tidak berpolusi, bersih, dapat diandalkan, dan terbarukan. Mereka tidak mencemari udara dengan melepaskan gas berbahaya seperti karbon dioksida, nitrogen oksida atau sulfur oksida.

Jadi, risiko kerusakan lingkungan berkurang. Energi matahari juga tidak membutuhkan bahan bakar untuk menghasilkan listrik, sehingga dapat menghindari masalah pengangkutan bahan bakar atau penyimpanan limbah radioaktif.

4. Dapat dipasang di lokasi terpencil

Energi matahari bisa menjadi keuntungan besar di daerah yang tidak memiliki akses ke kabel listrik. Ini berfungsi dengan baik di lokasi terpencil di mana menjalankan saluran listrik akan sulit atau mahal. Panel surya dapat diatur untuk menghasilkan energi matahari di sana, selama menerima sinar matahari.

Kekurangan menggunakan panel surya

Meskipun ada sejumlah kelebihan yang telah dipaparkan di atas. Ada pula kekurangan dari penggunaan panel surya ini yang perlu diperhatikan sebagai bahan pertimbangan. Apa saja kira-kira kekurangannya? Berikut ulasannya:

Baca Juga :  Ingin Berhenti Merokok? Ini Cara Ampuh Atasi Kecanduan Nikotin

1. Harga yang mahal

Diketahui, biaya awal untuk membeli tata surya cukup tinggi. Ini termasuk pembayaran panel surya, inverter, baterai, kabel, dan untuk pemasangan. Namun demikian, teknologi tenaga surya terus berkembang, jadi dapat diasumsikan bahwa harga akan turun di masa mendatang.

2. Bergantung pada sinar matahari

Meskipun energi matahari masih dapat dikumpulkan selama hari mendung dan hujan, efisiensi tata surya menurun. Panel surya bergantung pada sinar matahari untuk mengumpulkan energi matahari secara efektif.

Oleh karena itu, ketika mendung ataupun hujan dapat memberikan efek yang nyata pada sistem energi. Pengguna juga harus memperhitungkan bahwa energi matahari tidak dapat dikumpulkan pada malam hari.

3. Biaya perawatan

Selain itu, menjalankan tenaga listrik sendiri, artinya pengguna harus siap melakukan perbaikan jika sewaktu-waktu terdapat kerusakan pada sistemnya.

Panel surya harus dibersihkan sehingga kotoran dan debu yang menempel tidak mengurangi kinerja listrik. Bila terdapat kerusakan akibat petir dan lain sebagainya pengguna juga harus segera menghubungi seseorang yang ahli untuk memperbaikinya.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait