Plester Alami dari Binahong, Inovasi Mahasiswa UB Percepat Penyembuhan Sariawan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Plester Alami dari Binahong, Inovasi Mahasiswa UB Percepat Penyembuhan Sariawan
Ilustrasi seseorang sedang sariawan (Foto: Halodoc.com)
BERITA Kanal Straight

Plester Alami dari Binahong, Inovasi Mahasiswa UB Percepat Penyembuhan Sariawan

Satukanal.com, Malang – Sariawan merupakan luka di gusi atau dinding mulut bagian dalam yang bisa dialami oleh siapa saja. Maka dari itu, penyebab sariawan perlu diwaspadai supaya kesehatan tetap terjaga.

Sensasi yang timbul saat seseorang terkena sariawan antara lain seperti rasa terbakar, gatal, nyeri saat makan dan minum, sampai badan lesu sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang sering terjadi. Masyarakat Indonesia sendiri pernah mengalami sariawan berulang minimal empat kali sebanyak 8 persen dari total populasi.

Mengetahui permasalahan tersebut, Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mengeksplorasi daun binahong sebagai bahan plester sariawan yang alami. Kelima mahasiswa tersebut yakni, Lisa Oktaviona S., Dania Tamimmi, Renita Rahma C.N., Nabila Hardina R. dan Afsal Unnisa R.

Baca Juga :  Lampu Hijau PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3

Dilansir dari laman Prasetya Universitas Brawijaya, salah satu anggota tim bernama Afsal Unnisa R menjelaskan daun binahong memiliki sejuta khasiat yang berguna sebagai antiradang, antibakteri, dan mampu mempercepat penyembuhan luka.

Patch atau plester untuk sariawan dari daun Binahong bisa mengurangi ketidaknyamanan saat seseorang menderita sariawan,” ujar Afsal.

Selain itu, plaster sariawan berbahan Binahong ini memiliki beragam keunggulan, antara lain :

  1. Dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan
  2. Meningkatkan kenyamanan
  3. Mengurangi rasa nyeri sariawan
Baca Juga :  'Jok Nggupui', Sarana Pelayanan Publik Inovasi Kantor Kecamatan Dlanggu

Diketahui, Desain dari plester ini juga diformulasikan khusus dan berbeda dengan plester yang diaplikasikan pada kulit karena menyesuaikan dengan kondisi pada rongga mulut. Sehingga, seseorang yang menggunakan plester ini tidak merasa risih dan lebih nyaman.

Sebagai informasi, Kelima mahasiswa UB ini merupakan bimbingan Dr. Yuanita Lely Rachmawati, drg., M.Kes yang tergabung dalam kelompok pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) tahun 2021.

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait