Platform Kedaireka Wujud Tingkatkan Kualitas Lulusan Perguruan Tinggi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Platform Kedaireka Wujud Tingkatkan Kualitas Lulusan Perguruan Tinggi
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Platform Kedaireka Wujud Tingkatkan Kualitas Lulusan Perguruan Tinggi

SATUKANAL.com, NASIONAL – Platform Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri (Kedaireka) secara resmi telah diluncurkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), menyampaikan bahwa, adanya platform Kedaireka merupakan wujud dari program Merdeka Belajar pada Episode 6 “Transformasi Dana Pemerintah untuk Perguruan Tinggi”.

Nadiem menyampaikan, Transformasi pendanaan ini merupakan salah satu upaya guna meningkatkan kualitas dari lulusan perguruan tinggi. Agar nantinya para lulusan perguruan tinggi tidak hanya siap bekerja namun dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi siapapun.

Platform Kedaireka nantinya diharapkan dapat membangun suatu kolaborasi serta sinergi antara perguruan tinggi bersama dengan dunia usaha dan dunia industry (DUDI), yang mampu memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak.

Nadiem menyampaikan bahwa, banyak hal yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi dengan industri melalui adanya platform ini. Salah satunya dalam hal pengembangan teknologi, usaha rintisan, pusat riset industry serta melakukan kerjasama secara mendalam dengan berbagai pihak.

Baca Juga :  5 Fakta Eiger Ramai Diperbincangkan Warganet Usai Komplain Review Youtuber

Pemerintah dalam hal ini juga memberikan kontribusi dengan menyiapkan pendanaan yakni matching fund yang tersedia sebanyak Rp. 250 miliar. Matching fund ini diberikan guna melengkapi dan memperkuat sebuah program hilirasi karya reka cipta perguruan tinggi bersama dengan industri maupun investor.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Kemendikbud, Nizam menjelaskan bahwa, perguruan tinggi diwajibkan mampu memberikan beragam solusi dari berbagai masalah serta menyaipakan segala potensi yang dimiliki guna melahirkan inovasi yang berguna bagi dunia usaha dan dunia industri di masa yang akan datang.

“Kedaireka sendiri merupakan sebuah platform untuk mengakselerasi kampus dan DUDI agar terjadi sebuah sinergi. Pemerintah juga akan menyiapkan insentif dalam bentuk dana pendamping. Setiap rupiah dari industri akan didampingi satu rupiah dari pemerintah supaya akselerasi cepat terwujud dan masalah-masalah di industri cepat diselesaikan oleh kampus kita,” Ujar Nizam.

Baca Juga :  WHO: Pasien Isolasi Mandiri Covid-19 Wajib Punya Oksimeter

Adanya Platform ini merupakan salah satu solusi apabila dari para dosen maupun mahasiswa memiliki beragam ide. Sehingga ide tersebut dapat disalurkan langsung melalui Kedaireka. Dirjen Dikti juga menjelaskan, ide dari para dosen dan mahasiswa nantinya dapat disampaikan melalui platform ini.

Sedangkan dalam sektor industri, para pelaku industri yang memiliki masalah dapat melihat beberapa solusi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. “Jadi nanti kedua belah pihak bisa saling kolaborasi dan ‘comblang’-nya itu ada di dalam Kedaireka itu sendiri,” terang Nizam.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait