PKL Alun-Alun Kota Batu Jalani Rapid Test Antibodi Jelang Libur Akhir Tahun | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
PKL Alun-Alun Kota Batu Jalani Rapid Test Antibodi Jelang Libur Akhir Tahun
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

PKL Alun-Alun Kota Batu Jalani Rapid Test Antibodi Jelang Libur Akhir Tahun

SATUKANAL.com, BATU– Para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Alun-Alun Kota Batu menjalani rapid rapid test antibodi pada Minggu (27/12/2020). Rapid test antibodi ini dilakukan menjelang libur akhir tahun guna mencegah penyebaran covid-19.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Batu bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu mengerahkan 10 tenaga kesehatan untuk melakukan rapid test kepada PKL di kawasan Alun-Alun Kota Batu.

Sementara itu, Eko Suhartono selaku Kepala Diskumdag Kota Batu mengatakan bahwa pihaknya meminta seluruh PKL Alun-Alun Kota Batu untuk patuh menghadiri pelaksanaan rapid test. Ia menyebutkan diperkirakan ada sekitar 480 PKL yang tergabung dalam delapan paguyuban PKL.

Eko juga menjelaskan jika pelaksanaan rapd test bukan hanya karena menghadapi libur panjang tetapi juga sebagai upaya mengantisipasi penularan covid-19 agar tak menyebarluaskan.

Baca Juga :  Ringankan Perekonomian Pekerja Seni dan Pelaku Usaha, Pemkot Batu Berikan BST Profesi

“Jadi berpikirnya bukan hanya ketika libur panjang ini. Maka harus ada antisipasi. Bagaimanapun itu harus ada antisipasi. Pedagang harus menyadari saat ini sudah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru.” kata Eko

Senada dengan pernyataan tersebut, dr Antonio Junia selaku Ketua Satgas covid-19 Puskesmas Sisir menjelaskan, pelaksanaan itu dari Puskesmas Sisir, Puskesmas Bumiaji, Puskesmas Junrejo, Puskesmas batu dan Diskes Kota Batu. Selain itu ada juga satu ahli teknologi laboratorium (ATML) untuk emmbaca hasil rapid test.

“Rapid test ini sebagai upaya untuk menjamin berwisata di Kota Batu tetap aman dan nyaman. Rapid test itu dilaksanakan bukan untuk menghadapi libur panjang, namun mengantisipasi penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga :  KPK Geledah 3 Kantor Dinas Pemkot Batu

Menurutnya, rapid test yang awalnya ditargetkan untuk 400 pedagang ini hanya diikuti oleh 225 orang pedagang. Hasilnya, 20 orang dinyatakan reaktif positif rapid test. Bagi mereka yang dinyatakan reaktif positif diharuskan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Apabila mengalami keluhan selama isolasi mandiri, dapat diperiksakan ke puskesmas terdekat. Kami juga mendata idnetitas para PKL untuk memudahkan tracing jika diperlukan,” jelasnya.

Sebagai informasi dikatakan jika Pemerintah Kota Batu akan menutup Alun-Alun Kota Batu dari perayaan malam Tahun Baru 2021. Sedangkan untuk PKl yang ingin berjualan, Pemkot Batu sudah menyediakan tempat di kawasan Jalan Panglima Sudirman.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

 

Kanal Terkait