Pilkada 2020, KPU Ingatkan Pemilih Tak Swafoto di Bilik Suara - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Suara Pemilih Salah Satu Kerahasiaan Pribadi, KPU Ingatkan Tak Swafoto di Bilik Suara
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pilkada 2020, KPU Ingatkan Pemilih Tak Swafoto di Bilik Suara

SATUKANAL.com, NASIONALKomisi Pemilihan Umum (KPU) membuat beberapa aturan pada gelaran Pilkada 2020, salah satunya adalah melarang masyarakat untuk membawa alat elektronik ataupun melakukan swafoto di bilik tempat pemungutan suara (TPS).

Ilham Saputra selaku Komisioner KPU mengatakan bahwa, “Pemilih pada saat menggunakan hak pilihnya, dilarang untuk melakukan dokumentasi saat pemungutan suara di bilik suara.” Ucapnya.

Ilham menjelaskan, Larangan membawa alat elektronik pada saat pemungutan suara tersebut diatur dalam pasal 39 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah kondisi bencana non alam Covid-19.

Larangan tersebut juga merujuk pada beberapa peraturan seperti, larangan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang digelar pada tahun 2019 lalu.

Latar belakang dibuatnya aturan tersebut dikarenakan banyak dari masyarakat pemilih yang mendokumentasikan pilihannya pada saat di lokasi bilik suara.

Bahkan ada beberapa masyarakat pemilih yang menunggah hasil dokumentasinya di lokasi bilik suara, diakun media sosial pribadinya.

Ilham Saputra menjelaska bahwa, “Pada Pemilu tahun 2019 banyak yang selfie, kemudian di masukkan ke media sosial. Ini bahaya, Karena ini merupakan rahasia”. Ujarnya pada Sosilisasi Peraturan KPU tentang Pemilihan dengan Satu Pasangan Calon, Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilihan 2020 secara virtual Rabu (02/12/2020).

Baca Juga :  5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Dianggap Kasar Di Luar Negeri

Suara pemilih merupakan salah satu kerahasiaan pribadi. Sehingga penting untuk tidak memberitahukan kepada orang lain dan tidak seharusnya untuk mengumbar ke ranah publik melalui media sosial.

Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 wilayah, meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota dan tahapan kampanye masih akan berlangsung selama 71 hari sejak 26 September hingga 5 Desember 2020.

Selanjutnya peserta Pilkada 2020 akan masuk minggu tenang pada 6 hingga 8 Desember 2020. Sedangkan hari pemungutan suara akan digelar pada 9 Desember 2020.

KPU juga tidak memperbolehkan pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri atau dalam perawatan di rumah sakit untuk bergabung dengan pemilih sehat dalam satu lokasi TPS.

Ketentuan tersebut tertuang dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020 pasal 72 ayat (1), yang menyatakan bahwa, Pemilih yang sedang menjalani Rawat Inap, Isolasi Mandiri dan/atau positif terinfeksi Corona Virus Disease
2019 (COVID-19) berdasarkan data yang diperoleh dari perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan dibidang kesehatan atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah setempat, dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang berdekatan dengan rumah sakit.

Baca Juga :  Pecahkan Masalah Krusial Mafia Tanah, Sertifkat Elektronik atau E-Sertif Dilansir Jadi Solusi

Ketentuan bagi pemilih yang sedang menjalani rawat inap selanjutnya, terdapat pada ayat (3) pasal tersebut. Bagi TPS yang ditunjuk sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b, ketua KPPS menugaskan anggota KPPS paling banyak 2 (dua) orang dan dapat didampingi oleh Panwaslu Kelurahan/Desa atau Pengawas TPS dan Saksi dengan membawa perlengkapan Pemungutan Suara mendatangi tempat Pemilih yang bersangkutan di rumah sakit.

Gelaran Pilkada tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19, diharapkan mampu mematuhi segala protokol kesehatan secara ketat, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Masyarakat pemilih juga diharapkan dapat lebih selektif untuk bisa membedakan sesuatu hal yang boleh dan tidak boleh dipublikasi melalui ranah media sosial pribadinya. Hal tersebut bertujuan agar terciptanya gelaran Pilkada 2020 yang jauh dari tindakan kecurangan dalam bentuk apapun.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait