Petani Kopi Lereng Wilis Keluhkan Berbagai Masalah Produksi, Hingga Butuh Pendampingan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Petani Kopi Lereng Wilis Keluhkan Berbagai Masalah Produksi, Hingga Butuh Pendampingan
Kopi di lereng Gunung Wilis (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Petani Kopi Lereng Wilis Keluhkan Berbagai Masalah Produksi, Hingga Butuh Pendampingan

Satukanal.com, Kediri – Petani kopi mengeluhkan berbagai permasalahan dalam pengembangan produk kopi khas lereng pegunungan Wilis Kediri, Jawa Timur. Mulai dari permasalahan penanaman, panen, hingga peningkatan produksi kopi khas lereng pegunungan tersebut.

Selain itu juga banyak serangan hama tikus, sehingga menurunkan kualitas dan jumlah produksinya. “Namun saat ini kami butuh pendampingan, bagaimana cara menanam, memanen, hingga produksi Kopi. Selain itu, saat ini banyak serangan Hama Tikus di Desa Jugo,” ungkap Sonawan, anggota Kelompok Tani (Poktan) Primatani Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga :  Gagal Pinalti, Persik Kediri Kalah Lawan Bali United 0 - 1

Selaku Poktan, dia berharap lebih terhadap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, untuk menangani masalah tersebut. Tak hanya bantuan bibit kopi yang sering diberikan, namun adanya perhatian untuk pendampingan dalam perawatannya juga dibutuhkan.  “Kami sudah sering diberi bantuan bibit kopi. Namun saat ini kami butuh pendampingan,” tukasnya.

Sementara itu, saat penyerahan bantuan sarana produksi pertanian Se- Kabupaten Kediri, Senin (23/8/2021), lalu. Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana mengatakan bakal membantu perkembangan sektor pertanian kopi di Barat Sungai, termasuk wilayah pegunungan Willis.

Baca Juga :  OPS Tumpas Narkoba, Polresta Kediri: Peredaran Narkoba Meningkat 200 Persen

Bahkan untuk pendampingannya, ia menyebutkan, akan menggandeng pihak perusahaan swasta untuk mengembangkan pertanian kopi tersebut. “Untuk pengembangan biji Kopi nanti akan ada pihak Swasta, Gudang Garam, yang saya minta untuk mengembangkan pertanian Kopi di Barat Sungai,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait