Pesta Tahun Baru, Ini Pengalihan Lalu Lintas dan Titik Parkir di SLG Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Denah pengalihan lalu lintas Kediri
Pengalihan arus lalu lintas jelang Tahun Baru 2020 di Kediri. (Foto: Dishub Kabupaten Kediri)
BERITA STRAIGHT NEWS

Pesta Tahun Baru, Ini Pengalihan Lalu Lintas dan Titik Parkir di SLG Kediri

SATUKANAL, KEDIRI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri melakukan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan perayaan malam pergantian tahun baru 2020 di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG), Selasa (31/12/2019) malam.

Rencananya pihak Dishub bersama kepolisian dan akan mulai melakukan sterilisasi lokasi pada pukul 17.00 WIB. Sehingga, pukul 18.00 WIB hingga Rabu (1/1/2020) pukul 01.00 WIB dini hari, semua kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dilarang melintas kawasan SLG.

Sementara untuk kendaraan roda enam dari Tulungagung atau Kota Kediri yang menuju ke Pare, Surabaya, atau Malang akan dialihkan melewati kantor pos (ke utara)- Semampir (ke utara)-Papar-Pare atau Malang.

Ada beberapa titik parkir yang tersebar di lima ruas jalan SLG. Untuk kendaraan roda dua, parkir tersebar di tiga titik. Yakni ruas jalan masuk Desa Sunberejo gang 1 dan 2, ruas jalan simpang tiga di sebelah barat Pos Polisi Ngasem, dan ruas jalan simpang empat Desa Paron ke arah utara.

Sementara roda empat dari arah Kota Kediri bisa parkir di ruas Jalan Erlangga depan SPBU Paron, dari arah Plemahan dan Pagu parkir di ruas jalan simpang empat timur Terminal Gumul ke utara.

Dari arah Pare, parkir di ruas jalan depan rumah makan Taliwang, dari arah Plosoklaten parkir di tugu perbatasan Desa Kranggan ke timur, dan dari arah Pesantren dan Wates parkir disediakan di sebelah selatan ruas jalan monumen SLG.

Terkait tarif parkir, Kabid Pengendalian Operasional Dishub Kabupaten Kediri M. Doni menyebut sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak. Mulai Polres Kediri, kepala desa Sumberejo, Paron, Tugurejo, dan Kranggan, serta korlap parkir desa.

Besarannya, Rp 5 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu untuk roda empat. “Pada prinsipnya, konteks penitipan kendaraan ini untuk keamanan dan ketertiban bersama. Jadi harapannya tarif di semua titik sama sehingga tidak memberatkan,” ujar Doni.

Humas Polres Kediri Iptu Purnomo juga menghimbau masyarakat untuk menaati himbauan petugas, baik petugas keamanan atau petugas parkir.

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, Polres Kediri menerjunkan 450 personil. Mereka tersebar di tiga titik. Di kawasan SLG 350 personil, kawasan Pare 50 personil, dan 50 personil di Ngancar-Wates.

“Kami antisipasi juga ada perayaan di kedua titik tersebut selain SLG,” kata Purnomo saat dikonfirmasi lewat telepon, Senin (30/12/2019).

Purnomo juga menghimbau masyarakat untuk tidak membawa senjata tajam, minuman keras, atau benda-benda yang membahayakan keselamatan sesama pengunjung.

Sementara itu, 75 personil Dishub juga akan tersebar di berbagai titik. Pos pantau Dishub juga tersedia di area depan kantor dishub hingga di sekeliling monumen SLG.

Di setiap ruas jalan SLG, 10 ambulans juga sudah disiapkan untuk anstisipasi. Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Kediri akan melangsungkan perayaan malam pergantian tahun baru 2020 dengan festival musik di kawasan SLG.

Acara ini dimeriahkan oleh band Shaggy Dog dan Tipe-X. Puncaknya, akan ada penyulutan kembang api sebagai penanda masuk tahun baru. Diperkirakan, pukul 01.00 dini hari pengunjung sudah membubarkan diri.

“Setelah perayaan, tidak boleh ada kendaraan masuk. Semua harus keluar arah SLG,” pungkas Doni.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait