Peserta Kehabisan Kursi, LTMPT Perbolehkan Peserta Pilih Lokasi UTBK di Luar Domisili - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Peserta Kehabisan Kursi, LTMPT Perbolehkan Peserta Pilih Lokasi UTBK di Luar Domisili
Kanal Straight

Peserta Kehabisan Kursi, LTMPT Perbolehkan Peserta Pilih Lokasi UTBK di Luar Domisili

Satukanal.com, Nasional – Sejumlah peserta pendaftar UTBK-SBMPTN 2021 mengalami kesulitan, karena kehabisan kursi ujian UTBK. Hal tersebut terjadi karena, kursi ujian di pusat domisili masing-masing siswa tersebut penuh.

Atas kejadian tersebut, para siswa yang mengalami hal tersebut pun ramai-ramai mencuitkan keluhan mereka melalui beberapa akun media sosial seperti Twitter.

Beberapa siswa yang turut mengalami kendala melakukan proses pendaftaran UTBK juga meminta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk turun tangan dengan menambah sejumlah kursi di pusat UTBK yang ada pada masing-masing wilayah.

Adanya kendala proses pendaftaran tersebut, Mohammad Nasih selaku Ketua LTMPT menyampaikan bahwa, Kapasitas kursi akan ditambah. Pihaknya masih tengah berusaha untuk dapat menambah kapasitas kursi di beberapa pusat UTBK.

LTMPT juga sedang berusaha keras utuk dapat menambah kapasitas seat di beberapa pusat UTBK yang defisit. Semoga ada hasil,” ujar Nasih.

Bagi para peserta UTBK yang kehabisan kursi ujian terdekat dengan domisili, Nasih menyampaikan, kini para peserta dapat memilih lokasi tes di luar domisilinya. Sehingga, calon peserta UTBK diperkenankan memilih pusat UTBK lain yang masih tersedia.

Baca Juga :  5 Filter Hits di Instagram Agar Story Kamu Makin Estetik

Sebagai informasi, sebelumnya peserta UTBK-SBMPTN harus memilih pusat UTBK terdekat dengan domisili peserta, guna menghindari mobilisasi antar kota/provinsi. Selain itu, terdapat 74 pusat UTBK atau tempat yang bisa dijadikan lokasi tes UTBK, yang rencananya dimulai pada 12 April mendatang.

“Sehubungan dengan masa Pandemi COVID-19, peserta UTBK-SBMPTN 2021 HARUS MEMILIH PUSAT UTBK TERDEKAT DENGAN DOMISILI di mana peserta sekarang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi,” tulis akun resmi LTMPT.

Namun, kini LTMPT memperbolehkan siswa mendaftar di daerah lain karena masalah kekurangan kursi ujian. Berikut adalah cara memilih pusat UTBK 2021 :

  1. Saat memilih Pusat UTBK, peserta akan mendapatkan box peringatan berisi pesan bahwa peserta harus memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili peserta saat ini
  2. Pilih “Ya, saya mengerti” agar dapat memilih
  3. Peserta akan melihat data diri yang terdiri atas nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, sekolah, nomor KIP Kuliah, status kebutuhan khusus, dan kelompok ujian peserta
  4. Peserta dapat memilih Pusat UTBK melalui drop-down yang tersedia
  5. Pilih terdekat dengan domisili. Apabila Pusat UTBK yang diinginkan masih belum sesuai, klik “Ganti Pusat UTBK”
  6. Apabila lokasi Pusat UTBK sudah sesuai, pilih “Simpan dan lanjutkan”
  7. Peserta akan mendapatkan tampilan konfirmasi akhir untuk memastikan bahwa data yang telah diisikan sudah benar.
  8. Klik “Ya, saya setuju dan yakin untuk menyimpan permanen”. Maka data pendaftaran peserta akan tersimpan secara permanen.
  9. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Peserta wajib melakukan pembayaran UTBK sebesar Rp 200.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum serta Rp 300.000 untuk kelompok ujian campuran.
Baca Juga :  5 Aplikasi Permudah Ganti Background Foto di Android

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait