Pertunjukan "Ontran-ontran Puspo Geni" Malang Pukau Muskerwil Di Mataram | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Senian Ontran - Ontran Puspo Geni (Istimewa for satuchannel)
BERITA

Pertunjukan “Ontran-ontran Puspo Geni” Malang Pukau Muskerwil Di Mataram

Satuchannel.com, Mataram – Bertajuk sendratari “Ontran Ontran Puspo Geni”, pertunjukan oleh Duta Budaya Kota Malang memukau para tamu Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di acara welcome dinner yang digelar Pemerintah Kota Mataram selaku tuan rumah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Sri Wahyuni menjelaskan, seni pertunjukan Ontran-Ontran Puspo Geni adalah sebuah sajian pertunjukan yang mengkolaborasikan seni tari tradisi, kuda lumping, pencak silat, wayang topeng Malangan, musik tradisi, dan musik percusi. Hal ini menunjukan keanekaragaman budaya Malangan dengan mencerminkan jati diri budaya bangsa yang tangkas, tangguh, dan trengginas.

Baca Juga :  Warga Protes Air Bau Minyak Tanah, Pihak PDAM Malang Sarankan Tak Gunakan Air

“Berlatar belakang cerita masa kerajaan Kanjuruhan (abad 6 masehi) dengan rajanya Prabu Gajayana, sendratari Ontran Ontran Puspo Geni membawa pesan kebaikan akan mengalahkan kebathilan, seperti kalimat penyemangat untuk kota Malang sendiri, Malang Kucecwara”, cerita Ida Ayu.

Didukung 33 penari dan penabuh (pengrawit) yang tergabung Sanggar Genaro Ngalam binaan Agus Mardianto, acara ini mengundang tepuk tangan penonton saat kolaborasi seni pencak silat berpadu dengan seni jaranan dan dikreasi dengan permainan kembang api.

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

Atraksi ini merupakan bagian dari rangkaian Muskerwil IV Mataram (16 s/d 18 Mei) yang meliputi pameran UMKM, pawai budaya, musyawarah kerja dan penanaman pohon oleh 13 Kepala Daerah wilayah IV Apeksi.

Rombongan Pemkot Malang dipimpin Wakil Walikota Malang Sutiaji, membawa delegasi budaya dan UMKM, sekaligus membawa misi sukses sambut Rapat Kerja Nasional Apeksi yang akan digelar di kota Malang pada tanggal 11-13 Juli 2017 mendatang. (GUM)

Kanal Terkait