SATUKANAL.COM
Hari Jadi Kabupaten Kediri
Bupati Kediri Haryanti (jilbab kuning) saat melakukan koordinasi peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri. (Foto: kominfo)
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pertama, Hari Jadi Kabupaten Kediri Gelar Maraton Level Internasional

SATUKANAL, KEDIRI – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Hari Jadi ke-1216 Kabupaten Kediri tahun ini akan semakin meriah.

Bagaimana tidak, pada 15 Maret nanti, untuk pertama kalinya akan digelar event besar lari Half Maraton yang bertaraf nasional di Kabupaten Kediri.

Half maraton ini akan diikuti oleh 1.800 peserta yang terdiri dari 3 kategori, yaitu 5K, 10K dan yang terbaru 21K.

Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, atlet lari nasional juga hadir mengikuti half maraton ini.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Hal tersebut disampaikan saat audiensi bersama para panitia dan Kepala OPD terkait, akhir Februari lalu.

“Event-event yang diadakan oleh komunitas akan kami dukung dengan memberikan kemudahan izin, lokasi kegiatan dan lain-lainnya. Ke depan saya berharap, ditambah lagi kategori pelajar untuk mendapatkan bibit pelari yang andal,” kata Haryanti.

Menurut Rahma Bintariati, salah satu panitia penyelenggara half maraton, persiapan event perdana di Kabupaten Kediri ini sudah matang sekali. Ia pun mengatakan banyak support yang didapatkan dari pemerintah.

Baca Juga :  Kejari Kabupaten Kediri Ajak SKPD Mendaki Gunung Willis

Dimulai dari titik start di depan kantor Dinas Perhubungan Kab. Kediri, rute akan menuju ke timur sampai Gurah dan Tanjung, serta finish kembali di Dinas Perhubungan. Race day akan dilaksanakan pada Minggu (15/3/2020) pukul 05.00 WIB untuk 21K. Sedangkan, kategori 5K dan 10K akan dilakukan 30 menit berikutnya.

“Nanti kita akan menjamu sekitar 1.800 peserta lari tingkat nasional untuk datang sekaligus menikmati ikon Kabupaten Kediri agar lebih dikenal. Untuk kategori 5K diikuti 600 peserta, 10K ada 450 peserta dan 21k diikuti 750 peserta,” ujar Rahma.

Ia berharap, event pertama ini bisa menggiatkan lagi kegiatan olah raga. Sebab, saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan hidup sehat. Tidak hanya untuk para atlet, masyarakat umum juga bisa menikmati pariwisata yang ada di Kabupaten Kediri.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri Adi Suwignyo menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kediri sangat mengapresiasi event yang akan diselenggarakan oleh komunitas pelari yang ada di Kediri. Apalagi momennya tepat pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  Polresta Kediri Lakukan Patroli Siber pada Akun yang Sebar Hoax Virus Corona

“Kita sangat terbuka dan mempersilahkan untuk turut serta menyumbangkan ide gagasan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri. Tidak hanya lari maraton saja, tetapi ada event lain seperti Komunitas Sepeda BMX, School Contest, dan Koi Show. Dengan diikuti oleh para pelari nasional, itu menandakan bahwa di Kediri layak untuk diselenggarakan event besar. Saya yakin akan mendatangkan banyak sekali wisatawan luar daerah untuk datang kesini,” kata Suwignyo..

Half maraton, sambungnya, merupakan salah satu langkah Kabupaten Kediri berkembang menjadi lebih baik.

“Yang jelas dengan event ini perekonomian masyarakat akan meningkat, kuliner akan laris, UMKM laku, pariwisata laku dan perputaran rupiah akan berputar disitu,” pungkas Suwignyo.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait