SKD CPNS 2021 Mulai 2 September, Peserta Wajib Tes Covid-19 dan Vaksin - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
SKD CPNS 2021 Mulai 2 September, Peserta Wajib Tes Covid-19 dan Vaksin
Foto: Website SSCASN
BERITA Kanal Straight

SKD CPNS 2021 Mulai 2 September, Peserta Wajib Tes Covid-19 dan Vaksin

Satukanal.com, Nasional – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan surat tentang jadwal tes CPNS dan PPPK 2021 yang akan dimulai pada 2 September mendatang.

Jadwal tersebut tertuang dalam surat Nomor: 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 tentang Jadwal SKD CPNS, Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru Tahun 2021, dan Rekomendasi Ketua Satgas Covid-19, tertanggal 23 Agustus 2021 yang ditandatangani Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen.

Pelaksanaan tes CPNS dan PPPK 2021 dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. Hal tersebut sesuai dengan kondisi pandemi saat ini serta rekomendasi dari Ketua Satgas Covid-19.

Dalam surat edaran tersebut tertuang bahwa, Instansi Pusat yang yang lokasi ujiannya berada di Kantor Regional dan UPT BKN agar berkoordinasi dengan Kepala Kantor Regional/Kepala UPT terkait persiapan pelaksanaan SKD, dan untuk lokasi ujian mandiri agar berkoordinasi dengan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi.

Selanjutnya, untuk Instansi Daerah yang lokasi ujiannya berada di lokasi ujian mandiri atau cost-sharing mandiri agar berkoordinasi dengan Kepala Kantor Regional BKN sesuai wilayah kerja masing-masing.

Syarat pelaksanaan tes SKD CPNS 2021 :

  1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021;
  2. Menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker);
  3. Jaga jarak (physical distancing) minimal 1 (satu) meter;
  4. Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer;
  5. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 (tiga puluh) persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 yang akan dilakukan;
  6. Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama.
  7. Peserta juga wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di website sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian.
  8. Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi.
Baca Juga :  Ingin Kurangi Konsumsi Garam, Tanpa Makanan Terasa Hambar? Ganti Dengan Ini!

Sementara itu, adanya peraturan terbaru terkait persyaratan SKD CPNS 2021 turut menimbulkan pro dan kontra dari para peserta seleksi. Persyaratan wajib Swab PCR/Antigen bagi peserta SKD CPNS 2021 menuai kritikan di media sosial.

Beberapa netizen beranggapan bahwa, pelaksanaan seleksi SKD 2021 ini dinilai memberatkan dari segi biaya. Persyaratan itu juga bakal mengakibatkan masyarakat atau peserta akan kesulitan mendapatkan akses untuk melakukan rapid tes atau swab antigen.

Baca Juga :  Kabupaten Blitar Sabet 3 Penghargaan Top BUMD 2021

Hal itu dikarenakan, pada CPNS dan PPPK 2021 terdapat ribuan calon peserta yang bakal ikut tes di masing-masing daerah. Persoalan ini lah yang nantinya dapat menjadi kendala bagi para peserta.

Selain itu, banyak dari yang mempertanyakan kenapa aturan terbaru ini muncul mendadak dengan waktu yang sangat mepet kurang dari 2 minggu sebelum pelaksanaan tes SKD CPNS.

Sebagai informasi, menurut Kepala Pusat pengembangan sistem seleksi BKN, Mohammad Ridwan ketentuan dari Ketua Satgas Covid-19 adalah win-win solution di tengah pandemi ini.

“Ini memang trade-off, win-win solution untuk memberi jaminan bahwa pelaksanaan tes SKD/SKB mengikuti prokes dengan sangat ketat, untuk melindungi keselamatan petugas dan peserta,” tegas Mohammad Ridwan.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait