Persiapkan Layanan Terbaik Sektor Penginapan Kota Batu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Terobosan Jemput Bola UMKM Lewat SIP BANGET
Walikota Batu, Dewanti Rumpoko (Foto: Humas Pemkot Batu)
BERITA Kanal Straight

Persiapkan Layanan Terbaik Sektor Penginapan Kota Batu

Satukanal.com, Batu – Pelaku wisata Kota Batu harus memiliki komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para tamu pasca dicabutnya PPKM Darurat nanti. Terutama mereka yang bergerak di sektor penginapan dan hotel.

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengungkapkan jika semua harus belomba–lomba memberikan yang terbaik demi kemajuan daya tarik wisata Kota Apel.

Hal itu berlaku untuk homestay, guest house, villa maupun hotel melati. “Semua tempat penginapan paling tidak harus memiliki standar kebersihan yang baik. Itu adalah syarat wisatawan ingin kembali lagi,” terangnya.

Ia sangat mendukung eksistensi tempat persinggahan yang ada. Terobosan kreatif bagi para pelaku usaha juga harus terus diupayakan. ”Ada penginapan kecil tapi bisa mengantarkan customer-nya kemana saja. Itulah yang perlu diingat, tidak apa–apa penginapan kita kecil tapi harus tetap bersih dan nyaman,” ucapnya.

Baca Juga :  Kemenparekraf Diskusi Tentang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Batu

Sementara itu, assessor Perhotelan dan Pariwisata Kota Batu, Eny Yuli Astuti menambahkan, pelayanan dan perlakuan yang baik pada tamu harus dikerjakan sesuai SOP. “Kita harus memiliki standar kenyamanan yang sama. Maka dari itu, jangan sungkan untuk belajar ke hotel yang lebih besar,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, semua harus saling bersinergi untuk menciptakan Kota Wisata Batu (KWB) yang lebih baik.

“Permasalahan awal yang ada ialah bagaimana kita menyamakan standar kenyamanan. Entah itu homestay, guest house, villa, hotel besar maupun hotel melati,” katanya. Jika sinergi telah terbentuk, maka ketimpangan antara penginapan berbintang dengan non–berbintang tak akan jauh.

Baca Juga :  "Sedekah Bumi 1", Karya Seni yang Gambarkan Persolan Terkini

Ia juga mengingatkan agar seluruh pelaku usaha tetap melihat perkembangan situasi terutama dari sektor lain seperti ekonomi, politik, sosial, budaya dan keamanan dimana hotel berada. “Bermitralah dengan hotel lain bila ingin maju. Tentunya juga jangan pelit ilmu,” ucapnya.

 

 

 

Pewarta: Wildan Agta 
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait