Persaingan Sengit Biden dan Trump Dalam Pilpres Amerika Serikat tahun 2020 | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Persaingan Sengit Biden dan Trump Dalam Pilpres Amerika Serikat tahun 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Persaingan Sengit Biden dan Trump Dalam Pilpres Amerika Serikat tahun 2020

SATUKANAL.com, INTERNASIONAL – Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat tahun 2020 berlangsung sengit, pada Kamis (5/11/2020) perhitungan suara sementara masih berlangsung. Pemilu Amerika Serikat yang ditentukan berdasarkan suara elektoral atau Electoral Votes, menunjukan hasil yang signifikan dari masing-masing kandidat, yakni dari partai Demokrat Joe Biden dan dari partai Republik Donald Trump.

Sistem yang berlaku di Amerika Serikat dikenal dengan electoral college yang digunakan dalam Pemilihan Presiden. Setiap Negara bagian diberikan sejumlah suara, satu untuk setiap senator dan perwakilan Amerika Serikat, serta tiga pemilih tambahan yang mewakili District of Colombia.

Ada total 538 suara pemilihan yang akan diperebutkan oleh para kandidat dan seorang kandidat presiden harus mencapai 270 suara agar bisa memenangkan pemilihan.

Donald Trump adalah calon dari Partai Republik, sebelum menjadi presiden Amerika Serikat ke-45, Trump merupakan pebisnis besar suatu real estate dan berprofesi sebagai pembawa acar Televisi. Dalam Pilpres tahun 2020 kali ini Trump mengandeng Mike Pence sebagai wakilnya.

Baca Juga :  Kamala Harris, Wapres Wanita Kulit Hitam Pertama Di AS

Sedangkan Joe Biden adalah calon dari partai Demokrat, sebelum mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat, Biden merupakan wakil presiden dua periode yang mendampingi Barack Obama. Pada Pilpres Amerika Serikat tahun 2020, Biden mengggandeng Kamala Harris sebagai wakilnya.

Perolehan suara yang ditentukan per Kamis (05/11/2020) pukul 07.00, Joe Biden lebih unggul sementara dibandingakan dengan Donald Trump, dengan perolehan suara elektoral 264 untuk Biden dan 214 untuk Trump. Biden hanya butuh 6 suara elektoral lagi agar dapat ditetapkan sebagai pemenang Pilpres AS tahun 2020.

Berikut secara rinci negara bagian yang sudah dimenangkan Biden berdasarkan proyeksi Fox News:
Washington (12), Oregon (7), California (55), Arizona (11), New Mexico (5), Colorado (9), Minnesota (10), Wisconsin (10), Illionis (20), Michigan (16), Virginia (13), New York (29), Maine (4), Hawaii (4), Vermont (3), New Hampshire (4), Massachusetts (11), Rhode Island (4), Connecticut (7), New Jersey (14), Delaware (3), Maryland (10), District of Columbia (3).

Baca Juga :  Unggul 290 Suara, Joe Biden Akhiri Kepemimpinan Trump

Wakil Presiden era Barack Obama ini telah optimistis dapat menang usai merebut banyak negara bagian. Namun menurutnya, kemenangan berhasil diraih jika proses penghitungan suara telah usai. Karena Pemilu Amerika Serikat bukan didasarkan pada jumlah suara terbanyak tetapi disasarkan pada kemenangan per wilayah yang ditentukan berdasarkan akumulasi suara elektoral.

Hasil penghitungan suara pemilihan presiden Amerika Serikat, antara Donald Trump dan Joe Biden memang menunjukkan persaingan sengit. Namun hasil diperkirakan akan ditentukan oleh puluhan juta suara lewat pos yang belum dihitung. Sejauh ini menunjukkan hasil sangat ketat di negara bagian penting, Arizona, Georgia, Wisconsin, Michigan dan Pennsylvania.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait