Perpres Pesantren Disahkan, Fraksi PKB DPRD Jombang Siap Kawal Tuntas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG_20210918_134024-d3ee8231
BERITA Kanal Straight

Perpres Pesantren Disahkan, Fraksi PKB DPRD Jombang Siap Kawal Tuntas

Satukanal.com, Jombang – Fraksi PKB DPRD Jombang, komitmen dan siap mengawal Perpres Pesantren hingga Perda Pesantren di Jombang yang belum efektif.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jombang Subaidi Muctar mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah pusat dalam hal ini presiden Jokowi.

Dengan disahkannya dana abadi pesantren ini, penting menurutnya untuk pemberdayaan pesantren kedepannya.

“Mau tidak mau kami harus mengakui bahwa pesantren sangat punya peran untuk membangun karakter masyarakat. “Sebagai konteks, di jombang juga sudah ada Perda tentang tentang pesantren,” katanya, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga :  Gus Hans; Calon Ketua PBNU Harus Bisa Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Lanjut Subaidi, sejatinya pada tahun 2020, Perda Pesantren sudah ditetapkan, namun pada pelaksanaanya memang belum berjalan efektif. Sebab itu, pihaknya mendorong dua hal, pertama memperkuat program fasilitas dana pesantren dan kedua, orientasinya kepada pemberdayaan pendidikan dan sosial masyarakat.

Kemudian, masih kata Subaidi, dalam Perda tersebut sudah ada peran pemerintah untuk menjalankan fungsinya. Hal tersebut yang akan pihaknya kawal dengan akselerasi atau percepat. Pada aplikatifnya, Perda Pesantren tersebut bisa mencontoh apa yang telah dilakukan pemerintah pusat dalam menekan Perpres soal dana pesantren.

Baca Juga :  Belajar Arti Ikhlas dari Pria yang Rawat Ratusan ODGJ di Jombang

“Ini yang akan kami kawal, karena di Kabupaten Jombang ada ribuan pondok pesantren besar maupun kecil. Harapannya tentu ini akan menjadi percepatan pemberdayaan di pesantren, seperti sarana prasarana, tenaga pendidik,” ujarnya.

“Mau bagaimanapun pesantren harus menjawab tantangan masa depan dengan menjaga orisinalitas dari pesantren itu sendiri,” pungkasnya mengakhiri pembicaraan.

 

Pewarta: Anggit Puji 

Editor: Ubaidhillah

  • IMG20210915140144-10b39c7b
    IMG20210915140144-10b39c7b
    Santri di jombang
    Foto by anggit

Kanal Terkait