SATUKANAL.COM
Perpanjang Masa Transisi, Kota Batu Masih Belum Memenuhi Syarat Untuk New Normal
Ilustrasi : SATUKANAL.com
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT KOTA BATU STRAIGHT NEWS

Perpanjang Masa Transisi, Kota Batu Masih Belum Memenuhi Syarat Untuk New Normal

SATUKANAL, BATU – Semua wilayah di Indonesia ini sedang merencanakan masa transisi menuju New Normal, tak terkecuali Kota Batu. Masa transisi di Kota Batu seharusnya akan selesai, namun Kota Batu harus memperpanjang masa transisinya.

Hal ini dikarenakan Rate of Transmition (RT) Kota Batu masih di angka 1. Rate of Transmition angka 1 mengartikan bahwa setiap orang yang memiliki virus memberikannya ke satu orang lain.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori. Di mana hingga saat ini Kota Batu yang telah menyelesaikan masa transisi New Normal, RT nya di angka 1.

“Hasil perhitungan angka Rate of Transmition (RT) Kota Batu angkanya 1. Sehingga masih belum bisa menuju ke new normal,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga :  Terdampak Pandemi, Pedagang Sate Jamur Go-Digital Omset Puluhan Juta

Seperti diketahui, salah satu syarat untuk menuju new normal di suatu daerah, angka RT-nya harus di bawah 1. RT sendiri adalah salah satu dari 15 indikator yang digunakan gugus tugas nasional untuk menilai status wilayah. Di mana RT merupakan angka yang menunjukkan jumlah kasus baru yang tertular dari satu pasien positif/ infektif pada populasi yang telah diintervensi atau memiliki kekebalan sebagian.

RT ini baru bisa dihitung setelah semua penularan selesai. Namun dalam prakteknya, RT dihitung dari jumlah kasus baru pada satu kurun waktu tertentu yang merupakan hasil penularan dari kasus positif yang sudah terjadi sebelumnya.

Baca Juga :  Siap-siap Tak Mematuhi Protokol Kesehatan di Kota Kediri Bakal Kena Denda

“Selain itu angka RT ini juga bisa diestimasi secara statistik dari serial interval atau dari kurva epidemiologi,” jelas Chori.

Sebagai informasi, selama masa perpanjangan transisi New Normal di Kota Batu, tercatat ada kasus konfirm positif Covid-19 sejumlah 3 orang. Rinciannya saat perpanjangan kasus kofirm positif Covid-19 terjadi pada Rabu 10 Juni, pasien meninggal dunia. Pasien yang meninggal itu merupakan warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

Pasien yang meninggal merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah meninggal pada tanggal 4 Juni 2020, namun hasil swab baru keluar setelah dinyatakan meninggal.

Pada Jumat (12/6/2020) yang lalu ada tambahan 2 pasien konfirm. Dari 2 orang tersebut salah satunya pasien C-40 yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Batu merupakan warga Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

Kanal Terkait