SATUKANAL.COM
Perpanjang Masa Belajar
Foto : Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri (Istimewa)
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 19 April

SATUKANAL, KEDIRI – Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 19 April. Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri memperpanjang masa belajar di rumah. Sebelumnya tenggat waktu belajar di rumah hanya sampai tanggal 5 April, kini mundur menjadi tanggal 19 April 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko mengatakan, diundurnya masa belajar di rumah ini setelah ada evalusi, dan melihat kondisi daerah masing-masing.

“Tentunya kita melihat edaran dari Gubernur untuk ini, dan baru kita evaluasi di sini dan ditentukan lagi nanti,” jelas Sujud saat dikonfirmasi Satukanal.com melalui telepon pribadinya, Jumat (3/4/2020).

Sujud juga mengatakan, dalam masa belajar di rumah ini, para guru juga dianjurkan untuk tidak memberikan beban pekerjaan rumah yang bisa memberatkan murid-murid.

Kadisdik Kediri: Jangan Buat Siswa Jenuh Belajar

“Jadi pokoknya gimana agar anak itu tidak jenuh mengerjakan tugas rumah, kalau membuat jenuh, anak stres, dan nanti anak malah main di luar malas belajarnya, malah tidak jadi belajar di rumah nanti,” ujar Sujud.

Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 19 April

Selama ini, guru-guru yang ada di Kabupaten Kediri diwajibkan untuk memantau anak didiknya agar tidak keluar rumah. Pemantauan dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan orang tua murid melalui pesawat telepon maupun di grup-grup WhatsApp orang tua murid.

“Jadi kali ini orang tua benar-benar diharapkan memantau anaknya, memberikan tugas anaknya yang telah diberikan oleh guru,” katanya.

Ulangan Tengah Semester Ditiadakan

Sujud juga menuturkan, Disdik juga telah meniadakan Ujian Tengah Semester (UTS) untuk siswa-siswi di Kabupaten Kediri. Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab, melainkan kondisi memang tidak memungkinkan untuk dilakukan.

“Jadi memang untuk ujian ini ditiadakan, untuk nilai nanti kita ambil dari nilai raport sebelumnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sujud berharap dengan adanya program belajar di rumah ini, para murid bisa lebih giat, dan peran orang tua juga diharapkan mampu membuat anak betah dan mau belajar dengan giat di rumah.

“Saya berharap murid-murid tetap mengikuti program dari guru dan imbauan untuk tidak keluar rumah benar-benar dilakukan,” ungkapnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait