Permudah Pemetaan Komoditas Pangan, Penyuluh Pertanian di Kediri Dilatih Drone - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Permudah Pemetaan Komoditas Pangan, Penyuluh Pertanian di Kediri Dilatih Drone
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispertabun Kabupaten Kediri (Foto: Anis Firmansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Permudah Pemetaan Komoditas Pangan, Penyuluh Pertanian di Kediri Dilatih Drone

Satukanal.com, Kediri – Para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri dilatih menggunakan drone. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemetaan potensi komoditas pangan dan holtikultura di wilayah Kabupaten Kediri.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispertabun Kabupaten Kediri, Arahayu Setyo Adi mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari 26 Kecamatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

“Kalau selama ini mereka ground check hanya lewat bawah, tapi dengan bisa mengoperasikan drone ini bisa maksimal. Untuk wilayah yang sulit terjangkau, bisa dimaksimalkan menggunakan drone,” kata Adi, kepada satukanal.com, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga :  Lama Tutup Lantaran Pandemi, Museum KH Hasyim Asy'ari Kembali Dibuka

Dia mengungkapkan, Kabupaten Kediri menjadi salah satu sentra komoditas pertanian dan perkebunan di Jawa Timur. Seperti komoditas padi, jagung, nanas, cabai, mangga podang, dan terakhir pengembangan kopi Arabika di wilayah Willis.

Komoditas kopi Arabika yang berada di dataran tinggi pegunungan Willis, diharapkan dengan penggunaan drone ini dapat dimaksimalkan.

“Kalau dataran tinggi kita ke lokasi kan medianya mahal, coba kita gunakan drone ini. Ketinggian maksimalnya bisa sampai 500 meter. Coverage-nya bisa sampai 10 Kilometer,” ujarnya.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Mulai Turun, Jombang Segera Bersiap Menuju PPKM Level 1

Selain itu dengan penggunaan drone, PPL juga dapat mengetahui kekurangan penataan pola tanam warga. Ditambah lagi, kemungkinan serangan serangga tanaman yang mengakibatkan hama penyakit.

“Misal ada serangan hama ulat di bawang merah nanti bisa dilihat disitu ada kameranya bisa capture, dan merekam. Suatu saat juga bertujuan publikasi,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait