Permudah Komunikasi Mahasiswa Pendatang, 5 Mahasiswa UM Ciptakan Aplikasi Jawi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Permudah Komunikasi Mahasiswa Pendatang, 5 Mahasiswa UM Ciptakan Aplikasi Jawi
Tampilan aplikasi Jawi karya mahasiswa UM (Foto: Dokumentasi UM)
BERITA Kanal Straight

Permudah Komunikasi Mahasiswa Pendatang, 5 Mahasiswa UM Ciptakan Aplikasi Jawi

Satukanal.com, Nasional – Berbagai inovasi bermanfaat terus dikembangkan pada mahasiswa. Salah satunya mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang membuat aplikasi bernama Jawi.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh 5 orang mahasiswa UM lintas jurusan, yaitu Danny Firmansyah (Pendidikan fisika) selaku ketua tim, M. Syahrul Alfianto (Fisika), L. Gilang Obidia Ramadhani (Teknik informatika), Awal Ciptaning Kanugrahan (Pendidikan bahasa, sastra indonesia, dan daerah), serta M. Izzul Aufa (Teknik industri).

Melansir dari laman um.ac.id, Aplikasi Jawi ini digunakan bertujuan untuk mempermudah komunikasi berbahasa jawa serta mengeratkan interaksi sosial di kalangan masyarakat lokal Kota Malang yang notabene-nya menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Belum Kantongi IMB, Satpol PP Kota Mojokerto Segel Pembangunan Ruko

Dengan adanya aplikasi bahasa Jawa yang didesain khusus untuk mahasiswa yang berasal dari luar jawa yang tengah menimba ilmu di Kota Malang.

“Ada beberapa faktor yang mendasari keprihatinan bagi kami sehingga mengembangkan aplikasi Jawi ini, diantaranya adalah mahasiswa baru yang tidak bisa berbahasa jawa membuat mereka merasa minder, kesulitan bersosialisasi, merasa terasingkan, kurang nyaman dengan keadaan sekitar, bahkan ada beberapa dari mereka yang mendapat pembullyan, dan kesulitan memaknai penjelasan dosen yang terbiasa menggunakan bahasa jawa,” terang Danny.

Pengembangan aplikasi ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Danny menjelaskan bahwa, proses pengembangan aplikasi ini memakan waktu kurang lebih 1,5 bulan. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19, dalam prosesnya tim pengembang lebih banyak melakukan koordinasi secara virtual.

Baca Juga :  PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 6 Wilayah Level 4

Meski begitu semangat kelima mahasiswa UM ini tidak pernah surut untuk mengembangkan aplikasi Jawi. Melalui aplikasi Jawi, kelima mahasiswa UM tersebut berharap agar aplikasi ini dapat memberikan banyak manfaat dan juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan bahasa Jawa pada generasi milenial di masa mendatang.

 

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait