Permintaan Tinggi, Lahan Tanaman Kopi Trawas Mojokerto Perlu Diperluas Lagi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Permintaan Tinggi, Lahan Tanaman Kopi Trawas Mojokerto Perlu Diperluas Lagi
Bupati Mojoerto membuka Talkshow dan Ngopi Bareng rangkaian Majafest 2021 (Foto: Hermansyah/ Satukanal.com)
ADV

Permintaan Tinggi, Lahan Tanaman Kopi Trawas Mojokerto Perlu Diperluas Lagi

Satukanal.com, MojokertoPermintaan pasar kopi Trawas cukup tinggi. Kopi ini memang memiliki keistimewaan yang meningkatkan nilai jualnya. Terdapat aneka varian, arabica, liberika, robusta dan excelsa. Ada salah satu jenis yang punya after teste mirip seperti sensasi mint. Prosesnya juga tentu berpengaruh dan macam-macam. Bahkan ada yang difermentasi dulu 10-30 hari.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mendorong para petani kopi khas Kecamatan Trawas, memperluas produksi untuk mengimbang permintaan pasar yang tinggi.

“Makin khusus kopi, akan makin dicari. Itu yang bisa kita jual. Ini potensi kita. Peluang pasar yang besar, kita harap juga dibarengi dengan produski tanam lebih luas lagi nantinya,” katanya dalam acara Talkshow dan Ngopi Bareng rangkaian Majafest 2021 yang diselenggarakan Disparpora Kabupaten Mojokerto di UTC Trawas, Selasa (2/10/2021).

B34A57A4-31F0-473E-A09B-7624930EEFC7-d4a7d778
Bupati Mojokerto dengan Kopi Trawas (Foto: Humas Pemkab Mojokerto)

Menurut Ikfina, lika-liku produksi kopi terkadang terkendala tingginya permintaan yang tidak imbang dengan suplai barang. Maka dari itu, para petani kopi Trawas harus bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memenuhi target pasar.

“Hal ini (kerjasama dengan pihak ketiga-Red) harus dilakukan jika tidak mau kopi khas Trawas diakui menjadi merk pihak luar,” ungkapnya.

Selain pemaran kopi, Majafest 2021 juga  menampilkan kain-kain batik dan bordir khas Kabupaten Mojokerto, lengkap dengan kriya aksesoris perhiasan hasil UMKM Kumbang Silver Desa Batankrajan. Fashion show diperagakan anggota paguyuban duta wisata Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto.

Karena pagelaran ini bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Mojokerto, untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata daerah secara lebih luas. Menggandeng para kreator konten, Amat Susilo berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif terhadap kemajuan pariwisata Kabupaten Mojokerto.

Dalam kegiatan ini pun terdapat jelajah destinasi wisata ekonomi kreatif, dengan merangkul para influencer media sosial seperti youtuber dan selebgram berbagai daerah.

Ikfina Fahmawati, juga mengutarakan harapannya agar semua usaha promosi pariwisata di gelaran event Majafest 2021 dapat mendongkrak nama Kabupaten Mojokerto agar lebih dikenal.

Ia berharap para influencer dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, dalam mempromosikan hal-hal positif ke depannya.

“Saya harap teman-teman influencer dapat membantu menyebarkan berita-berita positif, kreatif dan insipiratif dari Bumi Majapahit, tanah kejayaan kerajaan Majapahit. Sejarah Majapahit sangat luar biasa. Majapahit adalah kebanggaan kita bersama. Saya harap event Majafest 2021, akan mendongkrak nama Kabupaten Mojokerto khususnya di bidang pariwisata agar makin dikenal,” terang Ikfina. (Adv)

    Baca Juga :  Ratusan Pejabat di Lingkungan Pemkab Dirotasi, Bupati Mojokerto: Bebas Suap

    Kanal Terkait