Permintaan Rapid Antibodi dan Antigen Meningkat, PMI Kota Malang Perpanjang Jam Pelayanan | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Permintaan Rapid Antibodi dan Antigen Meningkat, PMI Kota Malang Perpanjang Jam Pelayanan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Permintaan Rapid Antibodi dan Antigen Meningkat, PMI Kota Malang Perpanjang Jam Pelayanan

SATUKANAL.com, MALANG– Permintaan akan rapid antibodi dan antigen yang seiring terus meningkat membuat Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan perpanjangan jam pelayanan. Hal tersebut dibenarkan oleh Tris Surya hadi selaku Sekretaris PMI Cabang Kota Malang.

“Permintaan rapid antibodi dan rapid antigen di masyarakat meningkat, sehingga kami memperpanjang jam pelayanan. Permintaan perhari bisa mencapai 200 orang,” Ungkapnya menerangkan.

Sebelumnya,PMI hanya melakukan pelayanan rapid antibodi dan antigen pada saat jam kerja saja. Sedangkan untuk pendaftarannya sendiri dilakukan secara online oleh PMI Kota Malang. Namun seiring meningkatnya permintaan tersebut, kini PMI Kota Malang mengubah jam pelayanan.

Tris menyebut jika saat ini pelayanan PMI Kota Malang terdiri dari dua shift. Untuk shift yang pertama yaitu dari jam 08.00 sampai jam 14.00 WIB. Sedangkan untuk selanjutnya yaitu dari jam 14.00 sampai jam 19.00 WIB. Sedangkan untuk hari pelayanan PMI terhadap rapid antibodi dan antigen ini berlaku setiap hari kecuali hari minggu dan hari besar. Artinya, pelayanan PMI dibuka dari senin hingga sabtu.

Baca Juga :  Ahli Epidemiologi Prediksi Puncak Covid-19 di RI Terjadi diPertengahan 2021

“Kami memiliki karyawan tetap dari perawat dan analis serta relawan dari bidang kesehatan yang cukup untuk memberikan pelayanan. Karena itu PMI Kota Malang memperpanjang jam pelayanan,” tutup Surya.

Menurut Tris, kebijakan PMI Kota Malang untuk memperpanjang jam pelayanan tersebut juga bersamaan dengan penerapan PPKM (Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kota Malang yang dimulai sejak Senin (11/01/2021).

PPKM di Kota Malang dilakukan setelah dikeluarkannya Surat Edaran Wali Kota Malang Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPKM untuk pengendalian penyebaran covid-19 di Kota Malang. Meski demikian, PMI Kota malang tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Baca Juga :  Satgas Covid Jatim Tracing Kontak Erat Khofifah

Seperti halnya dengan melakukan pembatasan antrean untuk rapid test antibodi dan antigen. Pembatasan antrean ang dilakukan yaitu dengan melakukan pendaftaran online. Sehingga, jumlah pendaftar yang berada di lokasi dibatasi dengan adanya sistem ini.

“Setiap satu setengah jam, kami hanya melayani 25 orang pendaftar. Padahal per hari permintaan rapid mencapai 200 permintaan. Kami harus membuka pelayanan hingga jam 19.00 untuk memenuhi permintaan yang cukup banyak tersebut,” jelas Surya.

Selain itu, bagi mereka yang akan melakukan rapid antibodi dan antigen juga diwajibkan untuk mengenakan masker serta mencuci tangan terlebih dahulu.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait