Permintaan Kartu Nikah Digital di Kabupaten Kediri Masih Minim, Padahal Banyak Keuntungan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Permintaan Kartu Nikah Digital di Kabupaten Kediri Masih Minim, Padahal Banyak Keuntungan
Gambaran Kartu Nikah Digital (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Permintaan Kartu Nikah Digital di Kabupaten Kediri Masih Minim, Padahal Banyak Keuntungan

Satukanal.com, Kediri – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri sudah mulai melakukan pencetakan kartu nikah digital. Meski begitu, jumlah permintaan dari warga Kabupaten Kediri, kini masih minim.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Kediri, Sugeng Supriyanto, mengatakan masyarakat masih enggan meminta kartu nikah digital. Padahal, kartu online ini sudah disosialisasikan sejak tahun 2019, lalu.

“Belum ada jumlah data laporan permintaan, karena masyarakat ada yang minta dan tidak. Sudah disosialisasikan tapi banyak yang tidak minta,” kata Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Kediri Sugeng Supriyanto, kepada Satukanal.com, Selasa (31/8/2021).

Dia mengungkapkan hingga saat ini, dari hasil sosialisasi yang sudah dilakukan minatnya permintaan kartu nikah digital masyarakat terbilang minim. Karena kalau tidak ada permintaan, juga tidak akan dilakukan pencetakan di Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing Kecamatan.

Baca Juga :  Tunjang Belajar Daring, Dosen Pemerintahan UB Kenalkan Situs Pembelajaran untuk Santri

Total sebanyak 26 KUA se-Kabupaten Kediri disebutkan, sudah siap untuk melakukan pencetakan, tergantung permintaan. Padahal, menurut Sugeng, banyak keuntungan apabila sudah memiliki kartu nikah digital ini.

Selain mudah dibawa saat bepergian, kartu nikah digital ini juga dapat sebagai pengganti keterangan buku nikah. “Keuntungannya banyak sebenarnya, kalau digunakan sebagaimana mestinya. Misalnya, saat kehilangan atau terbakar buku nikahnya, kartu digital ini bisa untuk ngurus,” terangnya.

Baca Juga :  Bersih Desa di Tengah Pandemi, Gelar Jaranan Tanpa Panggung dan Pengeras Suara

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri Fauzi Wahid menerangkan, hingga saat ini belum adanya permintaan kartu nikah digital dari lingkup warganya. Menurutnya, pencetakan kartu nikah digital ini masih menjadi hal baru, sehingga warga pun masih belum meresponnya.

Dia mengaku siap, apabila ada permintaan pencetakan kartu nikah online di lingkungan kerjanya. “Jadi program kita, saat ada rapa’an, Insyaallah manten akan kita kasih tahu kalau menghendaki kartu nikah online. Bisa via email nanti kita bikinkan,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait