Peringati Hari Batik, KBP Kota Malang Gelar Festival Batik Ken Dedes - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Peringati Hari Batik, KBP Gelar Festival Batik ken Dedes
Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 diadakan Festival Batik Ken Dedes Kampung Budaya Polowijen (Foto: Dokumentasi KBP)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Peringati Hari Batik, KBP Kota Malang Gelar Festival Batik Ken Dedes

Satukanal.com, Malang– Dalam rangka memperingati Hari Batik, Kampung Budaya Polowijen (KBP) menggelar Festival Batik Ken Dedes. Nama Ken Dedes disematkan bukannya tanpa alasan. Letak KBP berdekatan dengan situs Ken Dedes di kelurahan Polowijen, Kota Malang.

Acara diselenggarakan secara hybrid dan disiarkan langsung dari studio dan live event di Kampung Budaya Polowijen pada Sabtu (4/10/2021). “Festival Batik Ken Dedes KBP ini juga dilaksanakan secara virtual agar dapat dinikmati oleh pecinta seni budaya dan tradisi yang terkendala untuk datang di KBP Kota Malang,” ungkap Titik Nur Fajriyah, wakil ketua KBP.

Kampung Budaya Polowijen ingin melestarikan Batik sebagai warisan budaya bangsa. (foto dokumentasi KBP)

KBP merupakan kampung budaya di kota Malang yang aktif melakukan pelestarian seni tradisi dan budaya. Selain tari topeng, tembang mocopat, gamelan/karawitan termasuk permainan tradisional, pelestarian batik juga menjadi perhatian KBP. Motif batik Ken Dedes telah dipatenkan KBP sebagai upaya mengangkat kembali ragam motif batik bernuansa heritage. “Festival ini mempromosikan bahwa di KBP ini punya motif batik Ken dedes sebagai batik heritage yang sudah di-HAKI-kan,” ungkap Titik.

Baca Juga :  Parang Mojo, Motif Batik Asli Desa Wisata Bejijong Mojokerto

Meski pandemi Covid-19 belum usai dan Kota Malang masih level 2 untuk PPKM, KBP tetap menggelar Festival Batik Ken Dedes sebagai wujud peringatan Hari Batik Nasional secara virtual. “KBP ingin memunculkan ragam motif bernuasa lokal yang bisa diterima masyarakat. Sebab, motif batik yang kami festivalkan ciri khas tokoh dan legenda orang Malang,” kata wanita yang juga guru batik KBP ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengapresiasi festival batik Ken Dedes KBP.

Baca Juga :  Apresiasi Kinerja, Kapolres Mojokerto Beri Reward 6 Anggota Berprestasi

“Selamat kepada KBP yang menyelenggarakan Festival Batik Ken Dedes. Semoga festival ini mengukuhkan bahwa KBP menjadi kampung wisata yang berbasis budaya  di Kota Malang dengan ciri khas seni tradisi termasuk kriya batik dan dan tarian topengnya,” tegasnya.

Dalam acara virtual event hadir pula Hendrawati, perintis batik Singosari hadir di studio dipandu Ki Demang penggagas KBP sekaligus Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang yang mengorganisasi 27 virtual event Kampung Tematik Kota Malang. Saat proses membatik, Titik Nur Fajriyah bersama dengan warga KBP didampingi oleh Yunarsita Penggerak Bengkel Batik Malang dipandu Mouzza Zee.

Pewarta : Adinda

Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait