Peringati HANI Gaungkan Perangi Narkoba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Peringati HANI, Gaungkan Perangi Narkoba
Acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (Foto: Humas Pemkot Batu/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Peringati HANI Gaungkan Perangi Narkoba

Satukanal.com, Batu – Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) menggelar puncak acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021. Peringatan yang digelar pada hari Senin (28/6/2021) secara virtual ini diikuti oleh Lembaga serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, bersama Kepala BNN dan Forkopimda Kota Batu turut mengikuti Puncak Peringatan yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin tersebut.

Pada peringatan kali ini tema yang diusung ialah “Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di Era Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar)”.

Baca Juga :  Masjid Agung Kota Batu Tiadakan Sholat Ied

Kepala BNN RI, Komjen Petrus Reinhard Golose, mengatakan telah Menyiapkan langkah-langkah strategis dalam rangka perang melawan narkoba.

“Langkah strategis yang dilakukan BNN dalam melawan narkoba yaitu melalui strategi soft power approach. Berupa aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika,” kata Petrus.

Selain itu, strategi hard power approach juga dilakukan melalui penegakan hukum yang tegas dan terukur. Pastinya terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba dan smart power approach dengan memanfaatkan media digital dalam penanggulangannya.

Baca Juga :  PPKM Darurat Jombang Direvisi, Masjid Boleh Buka Lagi

Sementara, Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin memaparkan, peringatan HANI jadi momentum untuk bersinergi dengan semua lembaga dan elemen masyarakat untuk ikut serta melawan narkoba.

“Perang melawan narkoba memerlukan sinergitas. Kita perlu membangun kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat agar terhindar dari narkoba,” ungkapnya.

Sebagai program berkesinambungan, Wapres secara resmi telah mencanangkan Gerakan Desa Bersinar Menuju Indonesia Bersinar. Secara berkala akan terus dikembangkan diberbagai penjuru Tanah Air.

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait