SATUKANAL.COM
BERITA

Perilaku Presiden Soekarno Ini Membuat Raja Arab Saudi Keheranan

Hubungan baik antara Indonesia dan Arab Saudi memang sudah terjalin sangat lama. Dimulai dari jalinan yang dibentuk oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno. Hubungan baik itu pun masih berlanjut hingga sekarang.

Melalui berbagai kisah dan buku sejarah, kedekatan antara Presiden Soekarno dan raja Arab Saudi sering digambarkan penuh keharmonisan. Salah satunya ketika Presiden Soekarno melakukan ibadah haji pada 1955 silam.

Ketika itu, Sang Proklamator tidak hanya melaksanakan ibadah rukun Islam kelima. Raja Saudi Saud bin Abdulaziz Al Saud yang juga dikenal dekat dengan Presiden Soekarno menyambut serta menjadikan Soekarno sebagai tamu kehormatan. Berbagai fasilitas diberikan untuk Soekarno.

Sang raja bahkan mengikuti berbagai kegiatan yang dijalankan Soekarno selama menjalankan ibadah. Salah satunya berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Saat melakukan ziarah itulah, Raja Saud bin Abdulaziz Al Saud dibuat heran dengan perilaku Presiden Soekarno.

Dilansir dari channel Youtube Nasihat Kakek, hal yang membuat raja Saudi heran adalah saat Presiden Soekarno melepaskan segala atribut kepangkatan dan kebesarannya ketika memasuki area pemakanan Rasulullah Muhammad. Bahkan Soekarno juga merangkak saat mendekati makam Nabi Muhammad SAW.

Dibuat bingung, raja Saudi bertanya kepada Soekarno. Dia pun menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan: “Di sana hanya ada Rasulullah SAW yang memiliki pangkat jauh lebih tinggi dari kita, aku, dan dirimu.”

Kedekatan yang terjalin antara Presiden Soekarno dan raja Arab Saudi itu memang masih menyisakan banyak kisah. Salah satu yang juga banyak diperbincangkan adalah pemberian mobil mewah dari raja Saudi kepada Presiden Soekarno dalam kunjungan dan ibadah saat itu.

Namun sayangnya, mobil Chrysler Crown Imperial pemberian raja Saudi itu rusak dan hancur akibat terkena lemparan granat dalam peristiwa pengeboman Cikini. Selain itu, Raja Saud bin Abdulaziz Al Saud belum sempat mengunjungi Indonesia sampai Presiden Soekarno berhenti menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Raja Saud bin Abdulaziz Al Saud merupakan ayah Raja Salman yang saat ini memimpin Arab Saudi.

Kanal Terkait