Perhatikan!! Potensi Banjir 5 Desa di Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Perhatikan!! Potensi Banjir 5 Desa di Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Perhatikan!! Potensi Banjir 5 Desa di Kabupaten Kediri

Satukanal.com, KediriBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, telah melakukan pemetaan potensi rawan banjir bandang di lima (5) Desa, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Hal ini mengingat ancaman bencana Hidrometeorologi mencapai puncak di bulan Februari-Maret, Senin (22/2/2021).

Besarnya potensi tersebut disebabkan adanya tiga (3) sungai desa, yang bermuara kepada satu sungai di Kabupaten Nganjuk. Terjadinya potensi banjir di K ecamatan Tarokan, yakni Desa Janti, Cengkok, Kedung duren, Blimbing, dan Kaliboto.

“Kami sudah siapkan antisipasi bencana Hidrometeorologi, dan kami sudah petakan dimana wilayah yang berpotensi paling rawan terjadi banjir di Kecamatan Tarokan,” kata Plt Ketua Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, kepada Satukanal.com.

Baca Juga :  Sertijab Bupati Kediri, Mas Dhito Paparkan Program Kerja

Dia juga mengungkapkan telah melakukan upaya dan persiapan penanggulangan bencana. Diantaranya koordinasi bersama perangkat desa dalam Tim Siaga Bencana Desa (TSBD), yang bertujuan mempersiapkan keperluan dan kemungkinan evakuasi warga.

Pihaknya juga telah menyiapkan lokasi pengungsian, untuk mengantisipasi resiko ancaman bencana banjir di Kecamatan Tarokan. Disebutkan lokasi pengungsian berada di Balai Desa Cengkok, Kecamatan Tarokan.

“Kami sudah siapkan Balai Desa Cengkok, sebagai tempat pengungsian. Karena bencana, ada resiko yang harus kita antisipasi,” terangnya.

Baca Juga :  Produksi Pupuk Cair Oplosan, 12 Pekerja Diamankan Polresta Kediri

Sempat terjadi banjir, yang disebabkan hujan lebat di beberapa pekan lalu. Namun masih belum mengakibatkan kerusakan pemukiman, hanya di areal persawahan warga. Lebih lanjut pihaknya akan melakukan mitigasi lanjutan, untuk antisipasi persiapan bencana.

“Sementara ini banjir di sana hanya menyebabkan kerusakan areal persawahan, belum ke pemukiman. Namun sudah kami siapkan potensi perumahan itu ada. Sudah kami kumpulkan mitigasi terkait potensi kerusakan dan keperluan,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait