Perhatikan! Ini Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes Yang Bisa Dilakukan di Rumah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Perhatikan! Ini Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes Yang Bisa Dilakukan di Rumah
Kanal Straight

Perhatikan! Ini Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes Yang Bisa Dilakukan di Rumah

SATUKANAL.com, NASIONAL– Tips puasa bagi penderita diabetes menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mengingat, diabetes termasuk penyakit yang rawan dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan membahayakan.

Sebenarnya, penderita diabetes boleh saja menjalankan ibadah puasa. Asalkan, kadar gulaa darahnya terkontrool dan tidak memiliki penyakit serius lainnya seperti jantung atau ginjal. Kerapkali, makanan manis yang banyak tersaji saat Ramadhan jadi godaan tersendiri. Tentusaja, hal ini sangat mengkhawatirkan.

Federasi Dibetes Interational dan Aliansi Internasional Diabetes dan Ramadhan (DAR) telah memberikan pedoman nutrisi bagi penderita diabetes yang tetap menjalankan ibadah puasa di Ramadhan tahun ini. Berikut ulasannya:

1. Mengganti Camilan Dengan Buah

Biasanya, camilan manis menjadi kudapan yang banyak dicari setelah waktu berbuka puasa tiba. Makanan penutup yang banyak mengandung gula ini sebaiknya dihindari diantara waktu makan. Dengan memakan camilan manis, maka kadar gula darah akan semakin meningkkat dan hal itu tidak baik untuk kesehatan.

Untuk itu, mengganti camilan manis dengan buah menjadi solusi terbaik bagi penderita diabetes. Buah mengandung berbagai vitamin serta serta yang baik untuk tubuh. Apalagi bagi penderita diabetes, tentu akan sangat baik jika dikonsumsi.

2. Menghindari Minuman Manis

Tips puasa bagi penderita diabetes lainnya dengan minum  cukup air putih serta menghindari minuman manis di waktu buka dan sahur. Bagaimanapun juga, menjaga tingkat hidrasi yang memadai penting selama menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga :  Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Anosmia Yang bisa Dilakukan di Rumah

Minuman manis yang sebaiknya dihindari yakni jus kemasan, jus buah dengan tambahan gula, minuman kemasan serta minuman yang mengandung sirup. Selain itu, minuman berkafein seperti teh, kopi serta minuman bersoda juga baiknya dihindari karena bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Mengkonsumsi Kalori Seimbang

Bagi seorang yang menderita diabetes, mengkonsumsi kalori seimbang sangat diperlukan. Perhatikanlah, jumlah kalori harian yang dikonsumsi. Apakah kalori tersebut sudah dikatakan cukup dan seimbang?

Dilansir dari hindustantimes.com, penderita diabetes harus memenuhi gizi seimbang dengan total karbohidrat sekitar 40-50 persen dengan glikemik indeks (GI) rendah. Sedangkan, pemenuhan kebutuhan protein bisa didaparkan dari kacang-kaacangan, ikan, unggas atau daging dengan jumlah 20-30 persen dari porsi harian.

Untuk kebutuhan lemak tubuh sekitaar 30-35 persen  dari porsi harian. Lemak yang dimaksudkan yakni lemak tak jenuh ganda. Kemudian, konsumsi lemak jenuh harus dibatasi kuraang lebih 10 persen dari total asupaan kalori harian

4. Memilih Kaarbohidart Rendah Glutemik Indeks (GI)

Penderita diabetes perlu memperhatikan konsumsi makanan  yang mengandung Glutemik indeks (GI) atau kadar gula dalam karbohidrat. Karbohidrat yang dikonsumsi, sebaiknya memiliki kadar GI yang rendah. Makanan seperti ini tidak memiliki efek langsung pada glukosa darah postprandial.

Baca Juga :  Mendadak!, Jokowi Tetapkan PPKM Darurat Khusus Jawa-Bali

Makanan yang kaya protein dan lemak baik lebih mempertahankan rasa kenyang daripada makanan yang kaya karbohidrat. Sebisa mungkin mengkonsumsi karbohidrat yang tinggi serat, seperti biji-bijian. konsumsi karbohidrat bisa dari sayuran, buah-buahan utuh, yogurt, susu dan produk susu dianjurkan.

5. Melakukan Cek Gula Darah Secara Teratur

Dengan mengecek gula darah secara teratur, dapat memberikan gambaran mengenai keadaan tubuh. Apabilaa, kadar gula terbilang tinggi maka pengontrolan pola makan perlu dilakukan dengan mengindari beberapa jenis makanan tertentu.

Pemeriksaan gula darah  dapat  dilakukan 2-4 kali sehari yaaitu setelah sahur, selama berpuasa dan setelah berbuka puasa. Hal ini penting untuk menghindari hipoglikemia ataupun hiperglikemia. Apabila kadar gula darah kurang dari 70 mg/dl atau lebih dari 300 mg/dl dianjurkan untuk membatalkan puasa.

Nah, itulah ulasan mengenai tips puasa bagi penderita diabetes. Hal-hal tersebut sangat perlu diperhatikan terutama bagi penderita diabetes. Apalagi, saat puasa keinginan untuk makan berlebihan seakan semakin menjadi-jadi. Jadi, ingat poin-poin penting tersebut.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait