Perhatikan! Ini Aturan Menikah Saat PPKM Darurat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Perhatikan! Ini Aturan Menikah Saat PPKM Darurat
Istimewa
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Perhatikan! Ini Aturan Menikah Saat PPKM Darurat

Satukanal.com, Nasional – Bagi calon pasangan pengantin yang hendak menikah saat PPKM Darurat diberlakukan, ada sejumlah aturan yang harus diterapkan.

Dalam aturan PPKM Darurat sebelumnya, pemerintah memperbolehkan diadakankannya resepsi dengan kapasitas minimal. Namun, seiring meningkatnya jumlah kasus Covid-19 aturan tersebut pun diperbarui.

Bagi pasangan yang hendak menikah dilarang untuk mengadakan resepsi pernikahan. Aturan ini tercantum dalam Instruksi Mendagri Nomor 19 Tahun 2021 merevisi sejumlah aturan sebelumnya dalam Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021.

Lantas, apa saja aturan yang mesti dipathui saat menggelar pernikahan selama masa PPKM Darurat diberlakukan? Berikut ini uraiannya:

  1. Seluruh pegawai KUA Kecamatan yang bekerja di kantor (Work From Office) paling banyak 25% dari jumlah pegawai.
  2. Waktu layanan KUA Kecamatan mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 waktu setempat.
  3. Layanan pendaftaran nikah hanya dapat terlayani secara online melalui situs simkah.kemenag.go.id.
  4. Peniadaan pendaftaran nikah untuk pelaksanaan akad nikah tanggal 3 s.d. 20 Juli 2021.
  5. Pelaksanaan akad nikah pada masa PPKM Darurat hanya bagi calon pengantin yang telah mendaftar sebelum tanggal 3 Juli 2021 dan telah melengkapi dokumen yang dipersyaratkan.
  6. Calon pengantin yang telah melakukan pendaftaran nikah secara online wajib segera menyampaikan seluruh dokumen persyaratan nikah kepada petugas KUA Kecamatan.
  7. Calon pengantin, wali nikah, dan dua orang saksi dalam kondisi sehat dengan bukti dengan hasil negatif Swab Antigen yang berlaku minimal 1×24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah.
  8. Pelaksanaan akad nikah yang terselenggara di KUA Kecamatan atau di rumah, yang menghadiri wajib paling banyak 6 orang.
  9. Pelaksanaan akad nikah di gedung pertemuan atau hotel, hadirinnya paling banyak 20% dari kapasitas ruangan dan tidak boleh lebih dari 30 orang.
  10. Pelaksanaan akad nikah wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  11. Pihak calon pengantin menandatangani surat pernyataan kesanggupan mematuhi protokol kesehatan bermaterai cukup.
Baca Juga :  Coban Talun Tak Lagi Seksi, Warga Mati Suri

Nah, itulah sejumlah aturan menikah saat PPKM darurat diberlakukan. Jangan lupa, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M yang meliputi memakasi masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

 

Penulis : Adinda
Editor : Naviska

 

Kanal Terkait