Perhatikan! Begini Syarat Masuk Jurusan Sastra Jepang
SATUKANAL.COM
syarat Masuk Jurusan Sastra Jepang
Syarat Masuk Jurusan Sastra Jepang (Foto: Pixabay.com)
BERITA

Perhatikan! Begini Syarat Masuk Jurusan Sastra Jepang

Satukanal.com, Nasional– Ada syarat masuk jurusan sastra Jepang untuk dipenuhi sebelum memilihnya. Banyak yang beranggapan bahwa lulus dari jurusan sastra Jepang bakal bekerja sebagai penerjemah ataupun ahli bahasa saja.

Padahal banyak peluang kerja yang bisa diperoleh dari jurusan ini. Meski begiu, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi ketika hendak mengambil jurusan ini.

Mengingat, jurusan ini terbilang salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari. Sebab, hurufnya pun berbeda dari huruf biasanya. Begitu pula dengan bahasanya.

Lantas, untuk bisa mempelajari lebih lanjut mengenai bahasa sebaiknya melanjutkan pendidikan di jurusan sastra Jepang.

Di jurusan tersebut bakal mempelajari bahasa Jepang secara lebih dalam lagi beserta kebudayaannya. Adapun syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Nilai Yang Cukup Baik

Secara umum, nilai baik menjadi persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak masuk di hampir semua jurusan. Begitu pula dengan jurusan sastra Jepang, dimana persyaratan ini juga harus dipenuhi.

Apalagi jika yang dipilih adalah jurusan sastra yang ada di Universitas Negeri di Indonesia melalui jalur  undangan atau penilaian rapor. Maka nilai saat jenjang sekolah mengah atas menjadi satu hal yang wajib diperhatikan.

2. Lolos Seleksi Kampus

Syarat masuk jurusan sastra jepang berikutnya yakni berkaitan dengan cara masuk orang tersebut di jurusan sastra Jepang.

Baca Juga :  Piala Dunia 2022, Qatar Bakal Jadi Tuan Rumah

Jika orang tersebut menggunakan jalur tes tulis, maka agar bisa masuk di jurusan ini yang diperlukan adalah lolos seleksinya.

Meskipun menggunakan jalur selain tulis pun, lolos seleksi menjadi syarat utama yang harus dilalui oleh seseorang yang hendak berkuliah di jurusan sastra Jepang.

Untuk itu, persiapan yang dilakukan harus benar-benar matang. Agar bisa menempuh pendidikan di jurusan tersebut.

3. Paham Huruf Dasar Jepang

Meskipun hal ini bukan menjadi syarat yang mutlak bagi seseorang ketika hendak masuk di jurusan sastra Jepang. Tetapi, dengan memahami huruf dasar jepang akan memudahkan orang tersebut untuk menempuh pendidikan selama proses perkuliahan.

Syarat masuk sastra Jepang ini juga penting diperhatikan. Sebab, ketika masuk serta berkuliah disini, otomatis banyak bacaan yang menggunakan huruf Jepang.

4. Suka Dengan Kebudayaannya

Syarat berikutnya yakni berkaitan dengan minat atau kesukaan dari orang yang daftar tersebut. Jika punya ketertarikan dengan kebudaayaan Jepang, otomatis akan lebih mudah mengikuti proses pembelajaran selama kuliah dengan mudah.

Apalagi, jurusan sastra Jepang tidak hanya mempelajari tentang bahsa ataupun percakapan menggunakan bahasa Jepang. Tetapi juga, diajarkan pula terkait kebudaayan dari negara sakura tersebut.

Baca Juga :  Aturan Sekolah Tatap Muka di Daerah Level 1-4

Adanya rasa suka ini juga berpengaruh pada input positif yang nantinya bisa dihasilkan. Bagaimanapun juga, mempelajari sesuatu yang disuka akan lebih mudah diserap ketimbang mempelajari sesuatu yang tidak disuaki. Jika suka, ilmunya pun akan lebih mudah diserap dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

5. Tekun Dan Teliti

Selanjutnya yakni syarat yang emngandung unsur sifat di dalamnya. Untuk bisa kuliah di jurusan sastra Jepang, maka dibutuhka sifat tekundan teliti.

Kedua sifat ini penting untuk dimiliki, karena di jurusan ini yang dipelajari adalah sesuatu yang berada di luar kebiasaan negara Indonesia.

Untuk itu, sifat tekun dan teliti sangat penting dimiliki oleh seseorang. Apalagi, pada jurusan sastra Jepang harus mempelajari tentang huruf yangterbilang baru, percakapan baru serta hal-hal yang jauh berbeda. Jadi, penting untuk memperhatikan syarat ini.

Nah, itulah syarat masuk jurusan sastra jepang yang harus dimiliki oleh seseorang. Persyaratan di atas bukan syarat mutlak yang harus dimiliki.

Namun, setidaknya jika memiliki syarat di atas, tentu akan sangat memudahkan proses masuk jurusan ini serta memudahkan proses pembelajaran di jurusan ini nantinya. (Adinda)

Kanal Terkait