Perbup Rekrutmen Perangkat Desa Terbaru, Komisi 1 DPRD Kabupaten Kediri Harapkan Lebih Berkualitas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Perbup Rekrutmen Perangkat Desa Terbaru, Komisi 1 DPRD Kabupaten Kediri Harapkan Lebih Berkualitas
Wakil Ketua Komisi I DPRD Kediri Lutfi Mahmudiono (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
Kanal Straight

Perbup Rekrutmen Perangkat Desa Terbaru, Komisi 1 DPRD Kabupaten Kediri Harapkan Lebih Berkualitas

Satukanal.com, Kediri – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kediri Lutfi Mahmudiono, menilai perbaikan kualitas rekrutmen perangkat desa dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

Salah satunya dengan menerbitkan surat edaran Peraturan Bupati (Perbup) baru. Terkait, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa nomor 48 tahun 2021, dari sebelumnya Perbup nomor 56 tahun 2018.

“Perbup baru lebih ini komprehensif dan juga banyak masukan-masukan yang diterima, serta diterbitkan dalam ketentuan tersebut,” ungkap Lutfi, saat dikonfirmasi satukanal.com, Rabu (13/10/2021).

Masukan-masukan dalam Perbup nomor 48 tahun 2021 disebutkan, sudah melalui skema dengar pendapat DPRD. Dengan dihadiri oleh lembaga hukum dan dinas terkait untuk memberi masukan rencana pelaksanaan rekrutmen perangkat desa.

Baca Juga :  Seorang Ibu di Kediri Tega Bungkam Bayinya yang Baru Lahir hingga Tewas

Menurut Lutfi, ada sejumlah 3 poin perubahan yang mencolok dalam pembaharuan Perbup Rekrutmen Perangkat Desa terbaru ini. Pertama, kemudahan permohonan izin kepada Bupati Kediri. Kedua, yakni terkait kerjasama bersama pihak ketiga penyeleksi suatu institusi atau Lembaga Perguruan Tinggi (PT) wajib berakreditasi A.

“Dulu PT yang sekurang-kurangnya berakreditasi B, atau lembaga yang kompeten, sekarang diatur sesuai PT berakreditasi A,” ujar Lutfi.

Dilanjutkan poin ketiga, penyampaian hasil seleksi yang disampaikan oleh panitia tingkat desa wajib memenuhi syarat perangkingan 1, 2 dan 3 untuk tes khusus. Dimana aturan sebelumnya lolos tahapan tes, minimal 50 persen dari jumlah peserta.

Baca Juga :  Ramai! Temuan Burung Merak di Kediri, BKSDA Bakal Telusuri Habitatnya

“Dulu hanya ujian tulis yang dijadikan dasar rekomendasi ujian. Aturan baru ini adalah hasil komulatif dari semua ujian tulis maupun khusus,” terangnya.

Dengan adanya pembaharuan aturan Perbup ini, diharapkan akan tercipta hasil sistem rekrutmen yang berkualitas. “Harapan kita berkualitas dari perangkat yang ditetapkan dan diangkat oleh Kades (Kepala desa, Red). Yang benar-benar bisa membantu Kades dalam mengabdi desa secara penuh,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Anis Firmansyah

Editor : Adinda

    Kanal Terkait