Perbaikan Jalan Brau Dieksekusi Tahun Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Perbaikan Jalan Brau Dieksekusi Tahun Ini
ilustrasi jalan Brau, Kota Batu (Foto: ppid.batukota.go.id)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Perbaikan Jalan Brau Dieksekusi Tahun Ini

Satukanal.com, Batu – Akses menuju Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji akan mendapat perbaikan tahun ini. Jalan satu-satunya itu telah mengalami kerusakan sejak beberapa bulan terakhir. Setelah menunggu lama, warga Brau akhirnya bisa sumringah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat, Senin (7/6/2021) mengatakan perbaikan akan dilakukan di tahun ini juga. Dananya akan diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sementara menurut Alfi, Anggaran yang akan dipersiapkan guna perbaikan tersebut sudah dalam tahap persiapan dan tinggal menunggu eksekusi. Ruas jalan yang nantinya mendapatkan perbaikan adalah ruas jalan Brau-Celaket dan Gunungsari-Brau. Masing-masing jalan ini memiliki panjang 583,77 dan 993,43 meter.

Baca Juga :  Terserang Hama, Hasil Panen Petani Apel Anjlok

“Dari pembangunan tersebut akan melancarkan pintu masuk ring barat dari arah Pujon,” ungkap Alfi pada tim Satukanal.com.

Alfi mengatakan,  dua pembangunan ruas jalan tersebut diperkirakan memakan anggaran hingga Rp 3,5 miliar. Terkait dengan kapan waktu pasti penggarapan, dirinya masih belum tahu. Mengingat masih dalam tahapan review harga satuan.

“Untuk tahap kapan waktu penggarapannya, saya masih belum tahu. Dikarenakan masih dalam tahap review harga satuan” uangkapnya.

Nantinya, rencana pembangunan ini akan dilaksanakan dengan sistem lelang. Sistem lelang tersebut akan dilakukan oleh pihak PUPR yang akan melakukan koordinasi lebih lanjut bersama dengan badan layanan pengadaan.

“Dengan pembagunan ini diharapkan bisa menunjang ekonomi dan mobilitas masyarakat. Yang berimbas pada kesejahteraan mereka,” harapnya.

Baca Juga :  Pemkab Kediri Mulai Terapkan Pembayaran Non Tunai untuk Pajak dan Tiket Wisata

Sebagai informasi, perbaikan jalan Brau ini dilakukan pasca terjadinya tanah longsor beberapa saat lalu. Pihak BPBD Kota Batu pada saat longsor terjadi telah melakukan monitoring, pemantauan, dan koordinasi terkait potensi ancaman longsor di Dusun Brau pada Senin 1 Februari 2021.

Hasilnya didapat bahwa kawasan tersebut memang memiliki potensi bencana tanah longsor dalam waktu dekat. Berdasarkan alarm Early Warning System (EWS) Tanah Longsor pada siang hari berbunyi dua kali, dan pada pukul 18.00 hingga pukul 20.00 WIB berbunyi 15 kali.

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait