Perayaan Natal Gereja Katholik Maria Ratu Damai Banyuwangi Susun Tiga Waktu Acara Misa - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Perayaan Natal Gereja Katholik Maria Ratu Damai Banyuwangi Susun Tiga Waktu Acara Misa
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Perayaan Natal Gereja Katholik Maria Ratu Damai Banyuwangi Susun Tiga Waktu Acara Misa

SATUKANAL.com, BANYUWANGI – Persiapan Misa natal gereja Katholik Maria Ratu Damai Banyuwangi tak ramai seperti tahun sebelumnya, biasanya menjelang natal banyak jema’at gereja yang datang untuk mempersiapkan malam natal.

“Tahun ini gak seperti tahun sebelumnya yang selalu ramai untuk persiapan malam natal, seperti bersih- bersih dan juga mempersiapkan kebutuhan, karena di tengah pandemi kita harus membatasi jema’at yang hadir sekarang”, kata Arnoldus Yansen, Ketua Dewan Pastoral Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi.

Arnold mengatakan dari kapasitas gereja 1200 orang, lebih dari 700 jema’at yang hadir di tahun sebelumnya, dalam perayaan natal tahun ini waktu Ibadah Misa pun dibagi menjadi tiga waktu, serta diberi kupon.

Baca Juga :  Festival Banyuwangi Kembali Hadir Perdana di Tengah Pandemi Usung Colorfull Hybrid Concept

“Seperti tahun kemarin lebih dari 700 jema’at yang hadir saat Ibadah misa. Karena di tengah pandemi, kini kita bagi menjadi tiga waktu dari mulai pukul 5 sore hingga malamnya, serta kami kasih kupon. Bagi yang tidak punya kupon tidak boleh mengikuti Ibadah Misa. Setelah melakukan Misa semua jema’at dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing”, lanjutnya.

Jema’at yang hadirpun harus dipilih terlebih dahulu, lansia yang sakit tidak diperkenankan untuk mengikuti. Tak hanya jema’at lokal saja, bagi wisatawan atau jema’at yang dari luar daerah boleh mengikuti di tempat khusus yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga :  Gajah Oling, Motif Batik Banyuwangi Yang Dipercaya Dengan Unsur Magisnya

“Kali ini anak anak tidak dihadirkan pada malam misa, akan tetapi diberikan waktu sendiri yaitu besok paginya, itu pun masih kami batasi juga, dan syaratnya harus sudah usia 10 tahun ke atas, untuk lansia, Hanya bagi yang sehat saja yang boleh mengikutinya, sedangkan untuk wisatawan boleh mengikuti selain wajib mengikuti prokes, juga kami sediakan tempat khusus di luar gereja” ucapnya.

Untuk persiapannya bagi yang tidak bisa mengikuti, Gereja Katholik Maria Ratu Damai Banyuwangi sudah menyediakan live streaming di televisi, youtube maupun sosial media, serta siaran langsung dari Radio Mandala Banyuwangi

Pewarta: Abdul Konik
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait