Per 1 Januari 2022, Pemerintah Bakal Stop Peredaran Minyak Curah di Pasaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Per 1 Januari 2022, Pemerintah Bakal Stop Peredaran Minyak Curah di Pasaran
Ilustrasi minyak curah
BERITA Kanal Straight

Per 1 Januari 2022, Pemerintah Bakal Stop Peredaran Minyak Curah di Pasaran

Satukanal.com, Nasional – Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melarang penjualan minyak goreng curah mulai 1 Januari 2022 mendatang. Pasalnya, harga minyak goreng curah sangat bergantung pada harga bahan baku yakni minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

Musdalifah Machmud selaku Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Perekonomian, mengatakan bahwa semua pihak terkait harus mulai bersiap diri dan menyiapkan antisipasi seiring akan diterapkannya larangan minyak goreng curah.

Larangan perdagangan minyak goreng curah juga sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2020 tentang Minyak Goreng Sawit Wajib Kemasan. Dalam Pasal 27 beleid tersebut, Kemendag menyatakan minyak goreng curah masih dapat diperdagangkan hingga 31 Desember 2021.

Baca Juga :  Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah, Bisa Dicoba!

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menjelaskan, konsumsi minyak goreng dalam bentuk kemasan diwajibkan. Sebab, sifatnya minyak kemasan dapat disimpan dalam jangka panjang sehingga harganya relatif terkendali.

“Nantinya dengan minyak goreng kemasan maka harga akan terkendali dan jika ada perubahan harga bahan baku yang meningkat tidak langsung berdampak, walaupun jangka panjangnya pasti akan berdampak,” terangnya.

Sebagai informasi, data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Internasional (PIHPS) rata-rata harga minyak goreng kemasan bermerek 1 naik Rp 100 menjadi Rp 17.400 per kg. Begitu juga dengan rata-rata harga minyak goreng kemasan bermerek 2 naik Rp 100 menjadi Rp 16.900 per kg.

Baca Juga :  Mulai 2022 Bandara Soekarno-Hatta Bakal Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah

Penyebab kenaikan harga minyak goreng di masyarakat dalam beberapa hari terakhir adalah kenaikan harga minyak sawit mentah crude palm oils (CPO) di pasar internasional.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait