Penyekatan Diperpanjang, 1480 Tes Swab Disediakan di Perbatasan Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Penyekatan Diperpanjang, Dinkes Malang Sudah Buat Ancang-ancang
Penyekatan di salah satu ruas jalan tol/Foto: Humas Polri
BERITA Kanal Straight

Penyekatan Diperpanjang, 1480 Tes Swab Disediakan di Perbatasan Kota Malang

Satukanal.com, Malang Perpanjangan masa penyekatan guna peniadaan mudik 2021, akan diperpanjang hingga tanggal 24 Mei 2021 mendatang. Kota Malang juga menjadi salah satu wilayah yang akan memperpanjang aturan tersebut.

Sementara itu, penyekatan di Kota Malang akan tetap berlangsung terutama di pintu masuk utama seperti exit tol Madyopuro. Sebagai salah satu tindakan preventif, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang telah menyiapkan segala keperluan untuk perpanjangan penyekatan.

“Jadi dari Dinkes kita siapkan di exit tol Madyopuro segala sesuatu yang memang diperlukan pada saat penyekatan. Ya yang standar saja seperti biasanya,” ujar Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, Kamis (20/5).

Dijelaskannya dalam periode penyekatan 6-17 Mei 2021 lalu, pihaknya sudah menyiapkan 1.600 tes swab antigen. Namun hanya terpakai sekitar 120 swab antigen saja. Masih tersisa 1480 tes swab. “Jadi sisanya masih bisa kita gunakan lagi di periode penyekatan lanjutan ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Beralih Musim Kemarau, Tapi Kok Tetap Hujan?

Menurutnya swab antigen dirasa menjadi persiapan penting saat penyekatan. Pasalnya, orang yang hendak masuk ke Kota Malang harus benar-benar dipastikan terbebas dari paparan virus Covid-19.

Disisi lain Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyanto mengungkapkan pihaknya bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain tetap siaga di pos penyekatan.

“Pengetatan lanjutan di tanggal 18-24 Mei 2021 dilakukan oleh teman-teman kepolisian. Yang mendukung adalah Dishub, Dinkes, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” jelas Heru.

Mantan Camat Klojen itu juga menegaskan, siapapun yang masuk ke Kota Malang harus benar-benar negatif Covid-19. Maka dari itu, untuk masuk wilayah Kota Malang perlu menyertakan bukti hasil negatif Covid-19. Jikalau tidak ada, maka Dinkes Kota Malang telah menyiapkan swab antigen di lokasi penyekatan.

Baca Juga :  Beredar Isu Telur Palsu China DKPP: Tidak Bisa Masuk Pasar

Lebih lanjut, Heru mengatakan bahwa mulai Selasa (18/5) lalu sudah banyak warga masuk ke Kota Malang dengan menyertakan hasil negatif Covid-19.

“Sepanjang hari itu (18/5) ada 34 yang diputar balik, 23 mobil penumpang dan 11 mobil barang. Mereka kami suruh putar balik karena tidak punya bukti tes swab antigen atau swab PCR dan ketika kita arahkan untuk swab antigen di tempat juga tidak mau,” pungkas Heru.

 

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait