Penumpang KA Jarak Jauh Diperbolehkan Berbuka Puasa di Gerbong - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Penumpang KA Jarak Jauh Diperbolehkan Berbuka Puasa di Gerbong
BERITA HIGHLIGHT

Penumpang KA Jarak Jauh Diperbolehkan Berbuka Puasa di Gerbong

SATUKANAL.com, NASIONAL– Para penumpang kereta api (KA) jarak jauh dan dekat diperbolehkan untuk berbuka puasa di dalam gerbong kereta api. Kebijakan ini berlaku sejak hari pertama Ramadhan yang jatuh pada Selasa (13/04/2021).

Memasuki bulan Ramadhan, KAI menegaskan bahwa operasional kereta masih tetap normal sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. “Sejauh ini tidak ada pembatasan jam operasional kereta api. Seluruh perjalanan masih sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket,” ungkkap VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman kai.id.

Joni juga menyebutkan, pada bulan Ramadhan KAI mempersilahkan pelanggan yang ingin sahur dan berbuka selama dalam perjalanan KA jarak jauh. Sedangkan untuk kereta jarak dekat yang perjalanannya kurang dari 2 jam, makan dan minum diperblehkan khusu pada waktu berbuka puasa hingga satu jam.

Baca Juga :  Sebanyak 27.303 Tersedia Untuk Formasi PPPK Guru Agama

Sementara itu, Kai juga menyediakan layanan untuk membeli makanan dan minuman yang bisa didapatkan di kereta makan maupun melalui pramugari yang bertugas. Pelanggan dapat memesan lebih wal makanan dan minumannya melalui aplikasi KAI Access pada menua Lokomart atau dapat dilakukan melalui whatsApp di nomor 081110612121.

Meski demikian, ada sejumlah aturan yang harus dipenuhi sebagaimana dilansir dari krl.co,id, berikut ulasannya:

1. Diperbolehkan Saat Adzan Magrib

Makan dan minum diperbolehkan saat adzan Magrib berkumandang hingga satu jam setelahnya. Selain jam tersebut, penumpang dihmbau untuk tidka melakukan kegiatan makan dan minum di dalam kereta.

2. Tetap Menjaga Protokol Kesehatan

Meski diperbolehkan makan dan minum, namun para penumpang harus tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandmei Covid-19. Mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer menjadi salah satu hal yang harus dialkukan.

Baca Juga :  4 Tips Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah aturan yang harus dipatuhi pula. Setelah melakukan makan dan minum di dalam kereta api, hendaknya sampah tidak dibuang smebarangan. Begitu pula dengan kebersihan, juga harus senantiasa dijaga.

4. Dihimbau Untuk Berbuka Dengan Minuman dan Makanan Ringan

Penumpang kereta api dihimbau untuk berbuka puasa dengan makanan dan minuman ringan. Hal ini untuk memberikan kenyamanan di dalam kereta serta meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Menu sederhana juga dapat dipilih oelh para penumpang kereta api.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait