Pentolan Dewa 19 Ngaku Gusdurian, Warganet: Kalau Kepepet Ngaku Gusdurian, Minta Perlindungan Lagi Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pentolan Dewa 19 Ngaku Gusdurian, Warganet: Kalau Kepepet Ngaku Gusdurian, Minta Perlindungan Lagi Ini

– Dhani Ahmad Prasetyo atau lebih beken dikenal Ahmad Dhani pentolan group band Dewa 19 kembali dibicarakan ramai oleh warganet. Bukan karena kasus pencemaran nama baik, tapi kini akibat ulahnya dengan merilis surat terbuka dari dalam rumah tahanan Medaeng.

Surat tersebut ditulis lewat secarik kertas yang dititipkan ke koleganya dan disampaikan kepada wartawan usai sidang lanjutan Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Selasa (19/2/2019).

Tulisan dan surat Dhani yang menjelaskan aliran Islam yang dianutnya. Serta klaimnya sebagai pengikut NU yang pernah dipimpin Abdurrahmad Wahid atau Gus Dur. Ternyata membuat warganet bereaksi keras.

Bahkan, Ketua Umum (Ketum) PBNU Said Aqil Siroj menyampaikan terkait surat Dhani. Said Aqil mengatakan Dhani tidak paham NU soal surat yang ditulisnya terkait jenis-jenis NU.
“Sebenarnya dia bukan kader NU sama sekali. Dia nggak paham NU, mulai kapan dia paham NU? Dia cuma seniman, selebriti, itu saja kok,” ucap Said Aqil seperti dilansir media nasional, serta menegaskan bahwa NU sudah beberapa kali memberikan kesempatan kepada Ahmad Dhani. “Tapi, kini Ahmad Dhani justru melecehkan NU,” imbuhnya.

Selain Said Aqil, warganet juga bereaksi keras dengan surat Dhani tersebut. Misalnya terlihat dari postingan akun Aji Prasetyo yang merupakan komikus, aktivis, dan budayawan Malang.

“GusDurian itu kelompok non politikus praktis bentukkannya mbk @alissa_wahid. Misinya adalah melestarikan nilai-nilai ajaran Gus Dur. Ahmad Dhani selama ini tidak pernah berurusan dengan GusDurian. Urusan dengan Gus Dur pun hanya untuk meminta perlindungan gara-gara dia dikejar kelompok Islam garis keras karena dianggap menistakan agama Islam.

Eeh, sekarang ngaku pengikutnya Gus Dur. Ngaku sebagai GusDurian, lagi. Enggak punya malu!” tulis @aji_komik.
Surat Ahmad Dhani yang menuai reaksi tersebut adalah sebagai berikut :

Jika NU adalah Islam Nusantara, saya bagian dari ini. Harus jadi pendukung Jokowi, apalagi ini, saya pasti bukan dari ini. Mereka yang menganggap kelompoknya yang paling benar, obviously not My Kinda Group. Mereka yang tidak belajar dari sejarah masa lalu, apalagi ini, jelas bukan dari golongan saya.

Maka saya bukan “NU” jenis ini. Saya NU pengikut Hadratussyekh Hasyim Asyari.
Saya NU Gusdurian.

100% Islam saya Islamnya Gus Dur. Dari dulu hingga sekarang…
Ahmad Dhani
Pondok Pesantren Medaeng 19-02-2019.

Reaksi warganet yang ditulis Aji juga mendapat banyak komentar lainnya. “Cari perlindungan lagi dia mas…” tulis akun ronnywinarto.
Hasta.invarian juga menyampaikan, “Lek kepepet ngakue Gusdurian, padahal alm Gus Dur yang berani lepas dari pengaruh politikus lain meskipun akhirnya lengser. Lha, ini malah jadi kompor, didemo malah ngomong musisi. Abote uripe arek iki,” tulisnya.

Banyak komentar warganet lainnya yang menyayangkan surat pria kelahiran tanggal 26 Mei 1972 terkait hal tersebut.
Bahkan sebagian warganet lainnya secara berseloroh menyampaikan komentarnya atas hal tersebut. “Kang @aji_komik seumpomo nguber-nguber mas Dhani karo nyangking tombak hukume halal opo haram see?” tulis @arisx_x.

Kanal Terkait