SATUKANAL.COM
Penting Disimak, 34 Tema Bakat untuk Deteksi Potensi Anak di Era Milenial
BERITA RISET

Penting Disimak, 34 Tema Bakat untuk Deteksi Potensi Anak di Era Milenial

SATUKANAL, MALANG – Kesadaran masyarakat terkait bakat dan potensi anak di era milenial sangat dibutuhkan.

Terlebih lagi dengan adanya revolusi industri 4.0 dan era digital yang serba cepat mampu mempengaruhi pola pendidikan di dunia.

Penting menyadari potensi dan bakat anak sejak dini dimulai dari pola asuh orang tua dan sistem pendidikan.

Melihat fenomena ini, Direktur sekolah Alam Avesiena mengatakan orang tua penting mengetahui media pembelajaran bagi masyarakat khususnya untuk mendorong bakat anak.

Hal tersebut merupakan anugerah luar biasa dan limited edition agar bisa membangun fondasi terbaik keluarga menuju Indonesia maju.

Sekolah Alam Avesiena Malang sendiri berfokus pada kegiatan yang dapat mengembangkan potensi bakat anak dengan didukung karakter pendidikan yang islami.

“Yang kami angkat sekarang adalah bakat anak yang kami maksud adalah fitrah bakat yang diberikan oleh Allah SWT dan diinstall oleh Allah. Ini akan digunakan oleh kita semua khususnya untuk mengembangkan diri. Sebenarnya setiap anak sudah mendapatkan porsi perannya masing-masing di bumi sebagai khilafah,” ujar Lilla Yustitia Prima Duhita selaku direktur sekolah.

Baca Juga :  Dulu Tiru Jokowi, Aturan Soal Seragam ASN Berubah Lagi

Lilla menyatakan pada zaman ini kebanyakan orang tua atau orang dewasa memaksakan perannya, tak memperhitungkan bakat anak, dan tidak tahu bagaimana mangasah bakat anak.

“Yang paling menyedihkan anak mempunyai bakat yang orang tua tidak pahami,” imbuhnya.

“Bakat yang kami maksud adalah 34 tema bakat dengan membangun sadar bakat, dan untuk mendukung itu ada namanya cerdas finansial. Jadi kami ingin mengajak orang tua, guru dan pemerhati anak bahwa ayo dong anak-anak ini punya bakat yang sudah diberikan oleh Allah dan ayo kita kembangkan ayo kita dukung dan arahkan,” jelasnya.

34 tema bakat tersebut terdiri dari executing, achiever, arranger, belief, consistency, deliberative, discipline, focus, responsibility, restorative, strategic thinker, analytical, context, futuristic, ideation, input, intellection, learner, strategic, relationship building, adaptability, connectedness, developer, empathy, harmony, includer, individualization, positivity, relator, influencing, activator, command, communication, competition, maximizer, self assurance, significance, dan winning other over (WOO).

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Beberkan Strategi Agar Kerajaan Abal-Abal Tak Hadir di Malang

Kegiatan sekolah alam Avesiena ini didukung adanya Seminar Nasional Parenting Akbar dengan tema “Malang Talents Up Date 2020″.

Lilla mengungkapkan bahwa harapan acara ini agar orang tua mengetahui bahwa anak-anak punya bakat, dengan 34 tema bakat yang akan dibahas terus orang tua bisa mengobservasi bakat anak-anak.

“Dari SD ke bawah diobservasi terus sampai SMP dan SMA ada assessmentnya. Kalau sudah didampingi dan diarahkan melalui 3B antara lain banyak bertemu orang, banyak beraktivitas, banyaknya ragam. Serta harapannya anak bisa tumbuh sesuai fitrahnya. tumbuh sesuai dengan bakatnya, anak-anak bisa easy, enjoy dan excellent,” pungkasnya.

Pewarta : Sherla Naya

Editor : Heryanto

    Kanal Terkait