Pentas Wayang Bocah di Sekolah Alam Kediri, Sambut Hari Wayang Nasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pentas Wayang Bocah di Sekolah Alam Kediri, Sambut Hari Wayang Nasional
Siswa dari Sekolah Alam Ramadhani saat sedang melakukan pementasan wayang (Foto: Anis Firmansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Pentas Wayang Bocah di Sekolah Alam Kediri, Sambut Hari Wayang Nasional

Satukanal.com, Kediri – Pentas wayang bertema alam dilakukan siswa-siswi Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Hal ini diadakan untuk menyambut peringatan Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November mendatang.

Liyana, salah satu Guru Pendamping murid Sekolah Alam Ramadhani Kediri mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan seni wayang kepada anak-anak. Lebih dari itu, melalui media pementasan wayang bertema alam dapat mengedukasi terkait alam sekitar.

“Yang biasa anak-anak kenal itu kan wayang dai kulit biasanya. Tujuan disini itu anak-anak mengenalnya tidak hanya wayang kulit saja, tetapi juga media sekitar dilingkungan sekolah,” kata Liyana kepada satukanal.com, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga :  Viral Hajatan Sepi Pengunjung Gegara Banjir, Netizen: Mantannya Tidak Ikhlas

Dia menjelaskan bahwa media wayang yang digunakan anak-anak ini disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan wayang daun, tanaman, tanah ataupun bunga.

Menurut Liyana, sekarang ini anak-anak kurang pembekalan menarik untuk minat mereka terhadap pementasan wayang. Untuk menarik minat mereka, pengenalan wayang pada pentas ini dengan memanfaatkan media sekitar yang mudah didapat.

“Pementasan wayang ini kan kurang maksimal, jadi dikenalkan juga bukan hanya wayang kulit, tapi juga melalui media disekitar,” ujarnya.

Pementasan wayang ini dihadiri oleh puluhan siswa-siswi Sekolah Alam Ramadhani. Untuk pementasannya sendiri dilakukan oleh kelas 3 dan 4, serta 1 siswa disabilitas.

Baca Juga :  Javier Roca Optimis Persik Bisa Menang Lawan Arema Fc

Sementara itu, Majid salah satu siswa kelas 3 yang mengikuti pentas wayang mengaku senang dengan kegiatan ini. Untuk pentas wayang kali ini, ia menggunakan daun singkong yang dirakit di atas pelepah pisang layaknya wayang kulit

Lebih lanjut, ia menceritakan bahwa media wayang yang digunakan merupakan hasil rakitannya sendiri untuk memperingati Hari Wayang Nasional 7 November mendatang

“Paling seneng tokoh wayang Gatot kaca, ini untuk peringati hari wayang,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Adinda

    Kanal Terkait