Penjualan Kripik Usus Kediri, Tembus Luar Negeri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Penjualan Kripik Usus Kediri, Tembus Luar Negeri
Kanal Straight

Penjualan Kripik Usus Kediri, Tembus Luar Negeri

SATUKANAL.com, KEDIRI– Produksi kripik usus di Kabupaten Kediri, berhasil menembus penjualan hingga ke luar negeri. Beberapa negara yang menjadi tujuan pengiriman penjualan seperti, Hongkong, Malaysia, Brunai Darussala, dan Singapura.

Lilik Rahayuningsih, warga desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, mengungkapkan awal mula produksi kripik usus. Bermula dari kripik pelepah pisang, yang berhasil memikat peminat hingga keluar negeri, di beberapa waktu yang lalu. Lanjut merambah ke kripik usus, yang ternyata juga mempunyai banyak peminat.

“Saya merambah inisiasi ke kripik usus mendekati lebaran. Alhamdulillah peminatnya banyak, pelanggan dari luar negeri mengaku gurih, empuk, beda daripada yang lain,” ucap Lilik, ke Satukanal.com, 8 April 2021.

Baca Juga :  Pensiunan ASN Kabupaten Kediri Jadi Tersangka Kasus Pengadaan Kegiatan Fiktif

Dengan permintaan meningkat, Lilik mengaku kuwalahan menerima pesanan. Bukan hanya pelanggan dari luar negeri, lingkup berbagai kota di daerah juga mengalami peningkatan permintaan seperti Surabaya, Tulungagung dan Blitar.

Dari peningkatan permintaan tersebut, dirinya mempunyai sejumlah 16 pekerja yang terbagi menjadi 3 sift kerja. Para pekerja terdiri dari sebagian besar perempuan, yang menjadi bagain tujuan Lilik untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Permintaan sudah mencapai 1000 lebih, saya bagi tiga sift kerja. Untuk permintaan lokal, selama 2 Minggu sebanyak 1 Ton, menjadi 1000 bal,” jelasnya.

Baca Juga :  Diburu Warga, Stok Suplemen dan Vitamin Langka di Kediri

Dia menjatah untuk masing-masing pekerja sebanyak 250 bal per hari, yang menghabiskan bahan baku usus ayam mentah sejumlah Setengah Ton per hari.

Secara omset, Lilik mengaku mendapatkan 100 juta per bulan. Disebutkan, sejumlah omset yang didapatkan belum termasuk gaji pekerja, ongkos produksi, dan bahan baku.

“Yang paling mahal usus sama minyak. Bahan baku ada produsennya, saya ambil dari Salatiga Jawa tengah,” tuturnya.

Kripik usus ini, dijual dengan harga 85 ribu per Bal. Atau dengan harga 50 ribu per kilogram. (adv)

Kanal Terkait