Penjualan Jeruk Dau Standar, Harga Turun - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Penjualan Jeruk Dau Standar, Harga Turun
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Penjualan Jeruk Dau Standar, Harga Turun

SATUKANAL.com, MALANG – Datangnya bulan suci Ramadan tak berpengaruh banyak pada penjualan jeruk Dau. Hal tersebutlah yang menjadi alasan utama harga buah berwarna kuning itu juga ikut anjlok. Seperti yang diungkapkan salah satu petani sekaligus jeruk, Hendra Andik yang berada di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang hari ini (14/4).

“Karena sepi terus, wisatawan hanya sedikit yang datang. Laku 5 sampai 10 kilogram saja sudah bersyukur,” terangnya. Menurutnya, sepinya pembeli selain dikarenakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), wisatawan lebih tertarik untuk memperoleh buah tangan lain. Daya beli pelancong pun juga turun lantaran ekonomi yang tidak berjalan dengan semestinya.

Baca Juga :  Prajurit KRI Nanggala 402 Gugur, 47 dari 53 Awak Warga Jawa Timur

Kesulitan itulah yang membuat mereka hanya menyetok dagangan secukupnya. “Kalau biasanya satu harinya kami stok 1 kwintal. Sekarang seadanya saja mas,” ucapnya. Jeruk yang dijualnya berasal dari daerah sekitarnya dengan jenis siem.

Harga yang dipatok juga ikut turun, mengikuti permintaan yang surut. Jika beberapa minggu lalu per-satu kilogramnya bisa dihargai Rp 15 sampai 20 ribu. Maka sekarang harganya hanya bisa mencapai kisaran Rp 11 hingga 12 ribu.

Baca Juga :  Profouna dan Warga Kompak Hadang Rencana Pemkab Ambil Alih Pengelolaan Hutan Malang Selatan

Padahal kualitas jeruk yang ada disaat musim hujan semakin bagus. Alasannya karena tanaman ini sangat tahan cuaca, sedangkan kebutuhan air sudah terpenuhi oleh hujan. “Kualitasnya bagus tapi pembelinya tidak ada. Ya semoga pandemi segera berakhir dan semua menjadi normal,” harapnya.

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait