Penjualan Anjlok, Pedagang Hewan Kurban di Kediri Mengelus Dada - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pedagang Hewan Qurban Lesu Tahun Ini, Imbas Covid-19
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Penjualan Anjlok, Pedagang Hewan Kurban di Kediri Mengelus Dada

Satukanal.com, Kediri – Momentum Idul Adha seharusnya jadi kegembiraan bagi pedagang hewan kurban. Ibaratnya, hari raya Kurban itu menjadi panen mereka. Namun, situasi sulit justru dihadapi para pedagang pada tahun ini. Pedagang hewan kurban di Kabupaten Kediri mengalami penurunan drastis.

Doni Apriansah, salah seorang pedagang di Kecamatan Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, mengaku mengalami penurunan hingga  50 persen.  Hingga hari ini, dia baru menjual 35 kambing, padahal pada tahun lalu, dia berhasil menjual dua kali lipat pada waktu yang sama, bahkan hingga Idul Adha berakhir, Doni menjual 200 kambing. “Karena PPKM Darurat ini, permintaan menurun,” ungkap Doni kepada satukanal.com, Senin, (12/7/2021).

Baca Juga :  Pahami Tata Cara dan Adab Menyembelih Hewan Kurban Saat Pandemi Covid 19

Dia juga mengungkapkan, adanya PPKM  Darurat ini  membatasi jumlah permintaan para pelanggannya dari luar daerah Kediri. Pelanggan rutin tahunan yang datang dari Jombang, Tulungagung, Trenggalek, Surabaya, dan Sidoarjo di tahun ini akhirnya tidak dapat memesan.

Dikatakan permintaan penjualan saat ini, masih dinominasi dari daerah lokal kabupaten Kediri. Dengan harga yang masih stabil, hewan kambing qurban dipatok dengan harga Rp2 – 5 juta. “Kalau harga masih stabil. Tidak naik. Hanya permintaan kita yang menurun,” ujarnya.

Baca Juga :  Kabar Duka, Tokoh NU KH Zaenudin Djazuli (Gus Dien) Wafat

Doni hanya bisa mengelus dada serta berharap PPKM Darurat tak diperpanjang lagi karena dampak ekonomi yang sangat dirasakan oleh masyarakat.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor: Danu Sukendro 

Kanal Terkait