Peningkatan Kasus Pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Malang Tunda Pembelajaran Tatap Muka | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Peningkatan Kasus Pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Malang Tunda Pembelajaran Tatap Muka
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Peningkatan Kasus Pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Malang Tunda Pembelajaran Tatap Muka

SATUKANAL.com, MALANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, menerbitkan Surat Edaran pada tanggal 7 Desember 2020 nomor 421/5073/35.73 401/2020. Pada Surat Edaran tersebut, antara lain membahas proses penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

Pada Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa, seluruh satuan pendidikan di wilayah Kota Malang seperti, Taman Kanak-Kanak (TK) atau Paud, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta, untuk tidak melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka maupun proses pembelajaran tatap muka sampai dengan adanya pemberitahuan lebih lanjut dari pihak Dinas Pendidikan Kota Malang.

Tujuan dikeluarkannya Surat Edaran tersebut, didasarkan pada kondisi dimasa pandemi ini, yang mana kasus pasien positif virus Covid-19 tengah mengalami peningkatan di wilayah Kota Malang.

Baca Juga :  Berstatus Zona Merah, Pertanda Bahaya Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri

Pada Rabu (25/11/2020) lalu, Pemerintah Kota Malang sebelumnya telah menggelar kegiatan sosialisasi kepada pihak sekolah dan beberapa orangtua siswa terkait dengan pemberlakuan sekolah secara tatap muka sejak bulan Juli 2020 lalu. Bahkan, survey pun juga telah dilakukan.

Wali Kota Malang Sutiaji pada (25/11/2020) lalu juga menyampaikan bahwa, “Jadi saya kira masyarakat harus diajak belajar bersama-sama bahwa pandemi ini tidak tahu kapan selesainya. Oleh karena itu kita harus punya keberanian,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Namun, Dinas Pendidikan Kota Malang melakukan beberapa pertimbangan, dengan adanya peningkatan pasien positif Covid-19 di wilayah Kota Malang. Maka proses pembelajaran satuan pendidikan TK/Paud, SD, SMP di Kota Malang akan tetap dilangsungkan secara daring atau online.

Baca Juga :  6 Tips Merawat Wajah Dirumah Saat Pandemi Covid-19

Pasien terkonfirmasi positif di Kota Malang kian mengalami peningkatan, akan tetapi angka kesembuhan cukup tinggi mencapai 42 orang terhitung di tanggal 8 Desember 2020 menjadi 2.112 orang. Adapun jumlah pasien yang sedang menjalani perawatan atau isolasi di rumah sakit mengalami peningkatan sebanyak 238 orang. Sedangkan pasien yang menjalani isolasi di rumah juga turut mengalami peningkatan sebanyak 92 orang.

Proses pembelajaran dengan tidak menggunakan sistem tatap muka ini, diharapkan agar nantinya kasus pasien positif Covid-19 di wilayah Kota Malang dapat mengalami penurunan. Sehingga pandemi Covid-19 ini pun dapat cepat berlalu serta proses pembelajaran dapat berjalan dengan normal kembali.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait