Peningkatan Berbagai Aspek, UMM Raih Predikat Kampus Bintang Tiga Dunia - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Peningkatan Berbagai Aspek, UMM Raih Predikat Kampus Bintang Tiga Dunia
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (istimewa)
BERITA Kanal Straight

Peningkatan Berbagai Aspek, UMM Raih Predikat Kampus Bintang Tiga Dunia

Satukanal.com, Malang – Predikat kampus bintang tiga kini berhasil di raih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Predikat tersebut diperoleh UMM dari lembaga QS Stars.

Suparto selaku Asisten Khusus Rektor Bidang Akreditasi Internasional UMM menjelaskan, QS Stars merupakan publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Sementara menurut Suparto, proses penilaian dilakukan QS terdiri atas keseluruhan aspek dan subyek peringkat global, bersama liga regional independen. “Yakni, Asia, Amerika Latin, Eropa dan Asia Tengah, Wilayah Arab, dan BRICS,” terangnya.

Predikat yang telah diterima UMM ini merupakan, peringkat internasional yang telah menerima persetujuan dari lembaga ranking internasional dan berada dalam satu level dengan Academic Ranking of World Universities.

Beberapa poin penilaian yang diambil antara lain seperti, “Dari fasilitas, internasionalisasi, pengajaran, employability, teaching, academic development, program strength, social responsibility serta inclusiveness,” ungkapnya.

Baca Juga :  Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat

Perolehan ini sejalan dengan program internasional yang sudah digalakkan oleh UMM. Dalam hal ini seperti usaha kampus dalam meningkatkan akreditasi serta sertifikasi internasional.

Sementara, Suparto menjelaskan bahwa predikat Kampus Bintang Tiga yang disabet UMM, nantinya akan membawa dampak baik bagi kampus. Salah satunya sebagai standing academic UMM serta pengakuan di tingkat dunia.

Wakil Rektor I UMM, Profesor Syamsul Arifin mengungkapkan rasa syukurnya atas predikat bintang tiga yang diperoleh kampusnya. Menurutnya, predikat ini sudah cukup bagus dan dapat menjadi rekognisi internasional yang strategis.

Baca Juga :  Terancam Bangkrut, Wajah Pedagang Bunga Mengkerut

“UMM masih akan terus memperbaiki berbagai aspek untuk bisa mendapat predikat bintang lima dalam waktu dekat,” ujarnya.

Hasil ini merupakan bukti apresiasi QS Stars (lembaga yang berkantor di London, Inggris) atas berbagai perbaikan yang UMM lakukan di beberapa lini. Meski telah meraih bintang lima pada aspek fasilitas, UMM masih bertekad untuk terus membangun berbagai sarana pendukung lain yang berlandaskan pada asas fungsional.

Raihan predikat bintang lima pada aspek employability UMM, juga tidak lepas dari iklim pembelajaran di UMM yang terus dikembangkan demi meningkatkan keterserapan. Sehingga para lulusan siap bersaing dalam dunia kerja.

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait