Pengumuman SBMPTN, Persaingan Masuk UB Kian Ketat | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pengumuman SBMPTN, Persaingan Masuk UB Kian Ketat

Satuchannel.com, Kota Malang – Hasil SBMPTN Tulis secara serentak telah diumumkan sore ini (13/6), pukul 14.00 WIB di laman web resminya. Dalam hal ini, salah satu PTN di Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB) punya data tersendiri bagi siapa saja yang lolos ke kampusnya.

Lewat keterangan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Brawijaya, Kusmartono memaparkan, ada 4176 kuota yang disiapkan bagi Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang mendaftar UB. Selain itu, tersedia 585 kuota bagi mahasiswa jalur beasiswa Bidik Misi.

“Dari 4176 kuota itu, yang jurusan IPS ada 1348 kursi. Sedangkan yang jurusan IPA ada 2628 kursi. Kuota jurusan IPA di UB memang lebih banyak ketimbang IPS,” terang mantan Dekan Fakultas Peternakan itu.

Baca Juga :  Perguruan Tinggi Indonesia Dengan Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Berdasarkan THE WUR 2021

Persaingan untuk masuk UB pun diakui Kusmartono sangat ketat. Pasalnya, ada 91.652 pendaftar yang masuk UB lewat jalur SBMPTN ini. Namun pihak UB hanya menyediakan 4176 kursi bagi Camaba.

Dijelaskan lagi Kusmartono, bahwa peminat UB masih didominasi oleh regional Jawa Timur (Jatim). Di luar itu, adapun peminat dari Sumatra Utara (Sumut) yang mengalami lonjakan.

“Camaba dari Sumut sangat banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, urutan regional Camaba UB itu pertama ada Jawa Timur, lalu Jawa Tengah, Sumatra Utara, dan lanjut DKI Jakarta. itu urutan penerimaan yang paling banyak pada tahun ini,” paparnya.

Baca Juga :  Perguruan Tinggi Indonesia Dengan Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Berdasarkan THE WUR 2021

Saat disinggung mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT), ia mengaku bahwa jumlah UKT untuk tahun 2017 tidak berubah. Dirinya pun menjamin bahwa UKT tidak akan berubah baik itu naik maupun turun.

“Memang Tidak akan dan tidak boleh berubah. Angkanya masih tetap, silahkan saja dicek di Web. Tidak ada perubahan angka UKT,” jelas Kusmartono. (GUM)

Kanal Terkait