Penguatan Kamtibmas di Small Area, Bung Edi: Small Area Itu di Tingkat RT RW - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Penguatan Kamtibmas di Small Area, Bung Edi: Small area itu di tingkat RT RW
Sofyan Edi Jarwoko di acara forum lintas masyarakat Bangkesbangpol (Foto: Chosa Setya/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Penguatan Kamtibmas di Small Area, Bung Edi: Small Area Itu di Tingkat RT RW

Satukanal.com, MalangKamis (3/6), Wawali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menekankan, penguatan lingkup small area merupakan hal yang sangat penting pada masa pandemi seperti saat ini.

Penjelasan tersebut disampaikan Wawali Kota Malang pada saat menghadiri forum lintas masyarakat yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol).

“Permasalahan yang sangat kompleks membutuhkan penguatan dalam lingkup small area” Jelas Bung Edi.

Forum yang diselenggarakan oleh Bangkesbangpol ini bertajuk ‘Sinergitas Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan, dan Masyarakat dalam Kewaspadaan Dini Sebagai Upaya Memelihara Situasi Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Kamtimas)’.

Pada acara tersebut, Wawali Kota Malang menjelaskan, penguatan small area perlu dilakukan. Small area ini berada pada tingkat paling depan yakni Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

Baca Juga :  Bulan Depan, Kota Malang Siap Implementasikan OSS-RBA

Small area itu di tingkat paling depan, RT dan RW. Karena masalah yang beragam, bagian terdepan dan terkecil itu merupakan hal mutlak. Kalau disituasi yang sekarang ini, menangani pandemi di small area yaitu dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro,” ujarnya.

Selain itu, tak hanya berkaitan dengan tugas utama pelayanan, pembangunan, penataan, dan pelaksanaan dari pada partisipasi masyarakat. Namun ada tambahan tugas menghadapi pandemi.

Baca Juga :  Kota Malang Resmi Miliki Sekda Baru

Dikarenakan dampak virus Covid-19 sungguh luar biasa, terutama berkaitan dengan masalah pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya itu pandemi juga memberi dampak sosial yakni angka pengangguran, dan kemiskinan yang terus meningkat.

Berbagai upaya diakuinya telah dilakukan untuk penanggulangan Covid-19. Meski begitu perlu suatu evaluasi lanjut untuk kondisi yang lebih baik lagi.

“Semoga pasca lebaran di tahun 2021 tidak terjadi kenaikan signifikan seperti di tahun 2020 yang mengalami kenaikan sebesar 93 persen. Penguatan dan sinergitas terus-menerus akan kita kuatkan,” tutup Bung Edi.

 

 

Pewarta: Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait