Pengidap Migrain Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pengidap Migrain Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini
Ilustrasi pengidap migrain (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Pengidap Migrain Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini

Satukanal.com, Nasional – Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala sebelah bisa terjadi pada setiap orang dan ini membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Migrain dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan melihat layar ponsel terlalu lama hingga perubahan hormonal dan stres.

Selain faktor tersebut, beberapa hal bisa menjadi pemicu migrain. Salah satunya adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi tiap harinya. Melansir dari laman hellosehat, berikut makanan dan minuman yang ditengarai pemicu migrain.

1. Makanan dan minuman mengandung pemanis buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti aspartam dapat memicu migrain pada penderita migrain. Menurut salah satu penelitian, lebih dari 50% dari 11 partisipan dalam penelitian tersebut mengalami peningkatan frekuensi migrain setelah mengonsumsi makanan yang mengandung aspartam dalam jumlah besar.

Baca Juga :  6 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Tubuh

2. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis dan ham mengandung zat pengawet nitrate dalam jumlah cukup banyak. Nah makanan-makanan ini mengeluarkan nitrogen monoksida yang akhirnya masuk ke dalam aliran darah dan membuat pembuluh darah di otak melebar dan menyebabkan sakit kepala.

3. MSG

Makanan mengandung Monosodium glutamat (MSG) menjadi salah satu pemicu migrain. Konsumsi makanan dengan banyak MSG bisa memicu migrain yang lebih parah. American Migraine Foundation mencatat bahwa MSG dapat memicu migrain parah pada 10 hingga 15 persen penderita migrain.

Baca Juga :  Catat! 12 Provinsi Ini Masih Berlakukan Pemutihan Pajak

4. Kopi, teh, dan minuman bersoda

Kandungan kafein dalam ketiga minuman seperti kopi, teh dan minuman bersoda sering dikaitkan dengan migrain. Walaupun kafein dirasa dapat membantu menghilangkan migrain, namun tidak mengonsumsi atau mengurangi konsumsi minuman berkafein secara drastis dari biasa mengonsumsinya dalam jumlah tinggi justru dapat memicu migrain.

5. Makanan asin

Makanan asin, terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang. Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait